Kamis, 01 April 2010

“PENDEKATAN SISTEM DAN PEMBELAJARAN ISLAM”

Oleh: Icha, Cenul, Ila, Zahro & Lail

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Banyak sekolah yang berjalan tanpa adanya sistem yang baik. Semua komponen tidak terkoordinasi dengan baik. Akibatnya banyak dari komponen itu tidak bejalan efektif dan efisien.

Padahal pengajaran berkaitan dengan hal bagaimana guru mengajar serta bagaimana siswa belajar. Proses pembelajaran ini merupakan suatu kegiatan yang disadari dan rencananya mencakup tiga hal; yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.

Pengajaran dilakukan dalam waktu yang bekala, baik waktu untuk jangka pendek, menengah ataupun jangka panjang. Program pengajaran merupakan suatu program bagaimana mengajarkan apa-apa yangsudah dirumuskan dalam kurikulum. Dewasa ini konsep yang banyak mewarnai pengajaran disekolah dasar dan sekolah menengah di indonesia adalah konsep teknologi pendidikan. Khususnya pengajaran sebagai sistem. Oleh karena itu, dalam makalah ini kami akan membahas mulai dari konsep tentang sistem, dan pengajaran sebagai suatu sistem.

Rumusan Masalah

1. Apakah pengertian pendekatan sistem?

2. Bagaimana pendekatan system pembelajaran PAI?

3. Apa manfaat pendekatan system dalam pembelajaran PAI?

4. Apa saja komponen dalam system pembelajaran?

5. Bagaimana aplikasi pendekatan sistem pembelajaran PAI?

BAB II

PEMBAHASAN

A. Pengertian Sistem

Menurut Hayanto,” pendekatan sistem adalah merupakan jumlah keseluruhan dari bagian-bagian yan saling bekerja sama untuk mencapai hasil yang diharapkan berdasarkan atas kebutuhan tertentu.”

Menurut lembaga administrasi negara :”sistem pada hakikatnya adalah seperangkat komponen, elemen,yang satu sama lain saling berkaitan, pengaruh mempengaruhi dan saling tergantung, sehingga keseluruhaanya merupakan suatu kesatuan yang terintegrasi atau suatu totalitas, serta mempunyai peranan atau tujuan tertentu.”

Dari berbagai pengertian yang didefinisikan oleh beberapa pakar pendidikan dapat di ambil kesimpulan bahwa sistem adalah kumpulan dari sekian banyak komponen yang saling berintegrasi, saling berfungsi secara kooperatif dan saling mempengaruhi dalam rangka mencapai tujuan tertentu.

Dari konsep ini ada empat ciri utama suatu sistem :

1. suatu sistem memiliki tujuan tertentu

2. adanya komponen sistem

3. adanya fungsi yang menjamin dinamika (gerak) dan kesatuan kerja sistem

4. adanya interaksi antar komponen

ke empatnya merupakan bagian yang saling berintegrasi sebagai suatu kesatuan yang satu sama lain tidak bisa berdiri sendiri, saling mengisi dan menguatkan dalam mencapai tujuan .

B. Pendekatan sistem pembelajaran PAI

Dalam undang-undang No 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional menyatakan bahwa pendidikan nasional berfungsi unyuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepaa tuhan yang maha esa,berahlakmulia, sehat ,berilmu, cakap, kreatif, mandiri ,dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Menurut tafsir (2002), bagi umat islam dan khususnya dalam pendidikan islam, kompetensi iman dan taqwa serta memiliki akhlak mulia tersebut sudah lama disadari kepentinganya, dan sudah diimplementasikan dalam lembaga pendidikan islam. dalam pandanngan islam, peran kekholifahan manusia dapat direalisasikan melalui tiga hal yaitu:

1. Landasan yang kuat berupa iman dan takwa

2. Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi

3. Akhlak mulia

Dari beberapa pendapat diatas, maka pendekatan sistem pembelajaran PAI adalah kumpulan dari sekian banyak komponen yang saling berintegrasi , saling berfungsi secara kooperatif dan saling mempengaruhi dalam rangka mewujudkan generasi-generasi yang berwawasan luas beriman dan bertakwa serta memiliki akhlak yang mulia .

C. Manfaat pendekatan sistem dalam apembelajaran

Merencanakan pembelajaran dengan menggunakan sistem memiliki beberapa manfaat, diantaranya:

pertama, melalui pendekatan sistem ,arah dan tujuan pembelajaran dapat direncanakan dengan jelas .

Kedua, pendekatan sistem menuntun guru pada kegiatan yang sistematis

Ketiga, pendsekatan sistem dapat merancang pembewlajaran dengan mengoptimalkan segala potensi dan sumberdaya yng tersedia .

Keempat, pendekatan sistem dapat memberikan umpan balik

D. Komponen sistem pembelajaran

Perencanaan pembelajaran sebagai suatu sistem maka didalamnya harus memilki komponen-komponen yang berproses hingga tujuan pembelajaran secara optimal.

Terdapat beberapa komponen sistem pembelajaran yakni:

1. siswa

2. tujuan

3. kondisi

4. sumber-sumber belajar

5. hasil belajar

E. Aplikasi pendekatan sistem pembelajaran PAI

Gagne dan atwi suparman mengatakan bahwa sistem pengajaran adalah suatu peristiwa yang mempengaruhi siswa seingga terjadi proses belajar.

Menurut Oemar Hamalik, terdapat tiga ciri khas dalam sistem pengajaran yaitu:

a) rencana,penataan intensional orang, material dan prosedur yang merupakan unsur sistem pengajaran sesuai dengan rencana khusus

b) saling ketergantungan ,

c) tujuan

Aplikasi pendekatan sistem pembelajara PAI terdiri tiga bagian, memiliki ciri-ciri adanya perencanaan, saling ketergantungan dan tujuan yang hendak dicapai.

Dalam perencanaan itu terdapat beberapa komponen yang saling mempengaruhi, dan bekerja sama untuk mencapai sebuah tujuan. Sehingga dalam pendekatan sistem pembelajaran PAI, semua komponen memiliki makna dalam pencapaian sebuah tujuan. Arinya, pencapaian tujuan itu akan terhambat manakala ada beberapa komponen yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

BAB III

PENUTUP

A. Kesimpulan

1. Sistem adalah kumpulan dari sekian banyak komponen yang saling berintegrasi, saling berfungsi secara kooperatif dan saling mempengaruhi dalam rangka mencapai tujuan tertentu.

2. Pendekatan sistem pembelajaran PAI adalah kumpulan dari sekian banyak komponen yang saling berintegrasi , saling berfungsi secara kooperatif dan saling mempengaruhi dalam rangka mewujudkan generasi-generasi yang berwawasan luas beriman dan bertakwa serta memiliki akhlak yang mulia

3. Manfaat pendekatan sistem, diantaranya:

a. Melalui pendekatan sistem ,arah dan tujuan pembelajaran dapat direncanakan dengan jelas .

b. pendekatan sistem menuntun guru pada kegiatan yang sistematis

c. pendsekatan sistem dapat merancang pembewlajaran dengan mengoptimalkan segala potensi dan sumberdaya yang tersedia .

d. pendekatan sistem dapat memberikan umpan balik

4. Beberapa komponen sistem pembelajaran yakni:

a. Siswa

b. Tujuan

c. Kondisi

d. Sumber-sumber belajar

e. Hasil belajar

4. Aplikasi pendekatan sistem pembelajara PAI terdiri tiga bagian, memiliki ciri-ciri adanya perencanaan, saling ketergantungan dan tujuan yang hendak dicapai.

B. Saran

Dari pemaparan diatas diharapkan para guru dan calon guru untuk benar-benar memahami dan mengimplemantasikan konsep-konsep tersebut dengan baik.akhirnya tiada gading yang tak retak, kami harapkan saran dan krtik yang membangun untuk kesempurnaan makalah ini.

DAFTAR PUSTAKA

B.Uno, Hamzah.2009. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

http//Pendidikan-info, blogspot.com/2010/Pendekatan Pendidikan Menurut.Paham html

http//sugaedufamblogspot,com/2009/04/pendekatan-sis-pem-pai-html

1 komentar:

Sopi Yudin mengatakan...

assalamu'alaikum ???
bagaimana cara kita untuk mengakplikasinya dalam kegiatann belajar mengajar ? dan bagaimana kalau tidak sesuai dengan tujuann yang di inginkan??? trimakasi?

Poskan Komentar