TEKS

SELAMAT DATANG DAN JANGAN LUPA ISI BUKU TAMU & KOMENTAR YA.....

Monday, January 6, 2020

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (SOSIOLOGI-Ketimpangan Sosial)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah             :
SMA NEGERI 1 DANDER

Mata pelajaran  :
SOSIOLOGI

Kelas/Semester :
 XII/ GANJIL
Alokasi Waktu   :
22  JAM

Materi Pokok     :
Ketimpangan Sosial



A.   Kompetensi Inti (KI)
KI 1 :  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
 KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan,teknologi, seni, budaya, dan humaniora denganwawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai denganbakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 : Mengolah, menalar, menyaji dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.   Kompetensi Dasar
1.    KD pada KI-1
1.1. Membuka wawasan terhadap berbagai peradaban dunia untuk memperkuat nilai keagamaan dan mendorong penghormatan terhadap keragaman peradaban. 
2.    KD pada KI-2
2.1. Mengembangkan Kemampuan penyesuaian diri terhadap perubahan sosial
3.    KD pada KI-3
3.3. Menganalisis ketimpangan sosial sebagai akibat dari perubahan sosial di tengah- tengah globalisasi
4.    KD pada KI-4
4.3. Mengolah hasil kajian dan pengamatan tentang ketimpangan sosial sebagai akibat dari perubahan sosial di tengah-tengah globalisasi

C.   Indikator Pencapaian Kompetensi
1.   Indikator KD pada KI-1
1.1 Mensyukuri segala karunia Tuhan dengan melihat pada terjadinya berbagai ketimpangan sosial yang ada dan dengan segala potensi yang dimiliki berusaha mengatasi adanya ketimpangan sosial tersebut


2.  Indikator KD pada KI-2
2.1  Mewujudkan sikap empati dan tidak diskriminatif dalam kehidupan sosial yang harmonis
2.2  Menunjukkan rasa empati terhadap ketimpangan sosial di masyarakat sekitar dan mendorong partisipasi dalam mengatasinya

3.     Indikator KD pada KI-3
3.1.  Mengidentifikasi ketimpangan sosial sebagai akibat dari perubahan sosial di   masyarakat
3.2.  Menjelaskan  faktor-faktor penyebab ketimpangan sosial sebagai akibat dari perubahan sosial di masyarakat
3.3.  Menjelaskan dampak fenomena ketimpangan sosial akibat perubahan sosial di lingkungan masyarakat
3.4.  Memberikan contoh alternatif pemecahan masalah akibat  ketimpangan sosial di masyarakat

4.     Indikator KD pada KI-4
4.1. Membuat laporan hasil diskusi tentang fenomena ketimpangan sosial di masyarakat
4.2. Mempresentasikan hasil diskusi tentang fenomena ketimpangan sosialdi  masyarakat

D.   Materi Pembelajaran
A.    Konsep  ketimpangan sosial sebagai akibat dari perubahan sosial
B.    Ketimpangan di berbagai aspek kehidupan sosial
C.    Faktor penyebab intern (dari dalam ) dan ekstern (dari luar) ketimpangan sosial
D.    Dampak-dampak fenomena ketimpangan sosial
E.     Alternatif pemecahan masalah akibat  ketimpangan sosial
F.    Teori-teori ketimpangan sosial

E.   Kegiatan Pembelajaran
1.    Pertemuan Pertama: ( 2 JP)

Langkah Pembelajaran
Sintak Model Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan
a.mengucapkan salam dan berdoa
b. memotivasi peserta didik
c.Apersepsi (Guru mengkaitan pelajaran sebelumnya) dan memberi motivasi (guru menyampaikan manfaat mempelajari ketimpangan sosial)serta di lingkungan sekitarnya, mengecek kehadiran siswa
c.Guru menyampaikan kompetensi dasar, indikator tentang ketimpangan sosial
d.Guru menampilkan gambar-gambar tentang ketimpangan sosial dan siswa diminta menanggapinya.
e.Guru meminta siswa memberikan contoh ketimpangan sosial dalam kehidupan sehari-hari




Orientasi peserta didik pada masalah









·      Mengorganisasi-kan peserta didik untuk belajar







































·      Membimbing penyelidikan individu dan kelompok











Mengembangkan dan menyajikan hasil karya











Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
Memuat kegiatan
-     Mengamati
Siswa diminta mengamati tayangan video tentang ketimpangan sosial dalam berbagai bidang kehidupan secara sederhana.

-     Menanya
Dari tayangan video tersebut guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang video yang terkait ketimpangan sosial
Contoh  pertanyaan yang muncul:
1.     Dari tayangan video tersebut apa yang dapat  ditemukan?
2.  Mengapa terjadi ketimpangan sosial di masyarakat?
3.  Bagaimana dampak ketimpangan sosial?
4.  Bagaimana alternatif pemecahan masalah dampak ketimpangan sosial?
Pertanyaan tersebut kemudian diserahkan kepada kelompok lain untuk dijawab.

Mengumpulkan informasi
Peserta didik mencoba mencari informasi dari berbagai sumber dan mendiskusikan jawaban dari pertanyaan yang diberikan oleh kelompok lain.



Mengasosiasi
Data-data yang sudah diperoleh dari mengumpulkan informasi dihubung-hubungkan, dianalisis sehingga memperoleh sebuah kesimpulan

Mengomunikasikan
Membuat laporan secara tertulis dan mempresentasikan hasilnya pada diskusi kelas. Dalam diskusi kelas saling terbuka dan menerima masukan untuk penyempurnaan
15 menit
Kegiatan Inti
a.    Peserta didik mengamati tayangan video tentang ketimpangan sosial terkait dampaknya
b.    Peserta didik mengajukan pertanyaan atas hasil pengamatan terhadap tayangan video
c.    Guru membentuk kelompok diskusi siswa. Setiap kelompok beranggotakan 5 orang.



·  Peserta didik berdiskusi berdasarkan kelompoknya mengerjakan Lembar Kerja Siswa berdasarkan tayangan video mendiskusikann :Pengertian ketimpangan sosial, Faktor-faktor penyebab ketimpangan sosial, dampak ketimpangan sosial, alternatif pemecahan masalah  dampak ketimpangan sosial.

d.  Setelah selesai berdiskusi setiap kelompok bergantian mempresentasikan hasil diskusi kelompok. Sedangkan Kelompok yang lain menanggapi  .

e.  Setelah presentasi tiap-tiap kelompok,masing-masing kelompok menyempurnakan hasil diskusinya.

60 menit
Kegiatan Penutup
A.   Guru memberikan umpan balik terhadap jalannya diskusi tentang ketimpangan sosial  dan bersama peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran.
B.   Guru menyampaikan pertanyaan secara acak untuk mengetahui ketercapaian dari  kompetensi yang dipelajari siswa
C.   Guru meminta siswa untukmenyampaikan refleksi
D.   Guru menyampaikan tindak lanjut dengan meminta siswa mencari artikel di media massa tentang ketimpangan sosial  lalu menganalisanya.
E.    Guru memberikan apresiasi kepada siswa lalu mengucapkan salam.


15 menit

2.  Pertemuan ke-2 (2 JP)

Langkah Pembelajaran
Sintak Model Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan
a. mengucapkan salam dan berdoa
b. memotivasi peserta didik
c.  Apersepsi (Guru mengkaitan pelajaran sebelumnya) dan memberi motivasi (guru menyampaikan manfaat mempelajari ketimpangan sosial), mengecek kehadiran siswa
d.Guru menyampaikan kompetensi dasar, indikator pembelajaran .

·      Orientasi Peserta didik pada masalah






·      Mengorganisa-sikan peserta didik untuk belajar



































·      Membimbing penyelidikan individu dan kelompok


























·  Mengembang-kan dan menyajikan hasil karya










·  Menganalisis dan mengevaluai proses pemecahan masalah


Memuat kegiatan
-     Mengamati
Siswa diminta mengamati  video ketimpangan sosial dibidang ekonomi

-     Menanya
Setelah mengamati video, guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya Contohnya  pertanyaan siswa:
1.  Dari tayangan video tersebut apa yang dapat  ditemukan?
2.  Mengapa terjadi ketimpangan sosial di bidang ekonomi  di masyarakat Indonesia?
3.  Bagaimana dampak dari ketimpangan sosial di bidang ekonomi?
4.  Bagaimana alternatif pemecahan masalah dari dampak ketimpangan di bidang ekonomi?

Mengumpulkan informasi/men-coba
Peserta didik berdiskusi secara kelompok untuk menggali informasi tentang ketimpangan ekonomi. Data-data yang dibahas   yaitu:
·    Faktor-faktor penyebab ketimpangan sosial dibidang ekonomi
·    Dampak ketimpangan sosial dibidang ekonomi
·    Alternatif pemecahan masalah ketimpangan dibidang ekonomi

Menalar/menga-sosiasi
Data-data yang sudah diperoleh dari mengumpulkan informasi dihubung-hubungkan, dianalisis  sehingga memperoleh kesimpulan.

Mengomunikasi-kan
Membuat laporan secara tertulis dan mempresentasikan hasilnya pada diskusi kelas.
Dalam diskusi kelas saling terbuka dan menerima masukan untuk penyempurnaan
20 menit
Kegiatan Inti **)
a.    Peserta didik mengamati tayangan video tentang ketimpangan sosial terkait dampaknya dibidang ekonomi.
b.    Peserta didik mengajukan pertanyaan atas hasil pengamatan terhadap tayangan video

c.    Guru membentuk kelompok diskusi siswa. Setiap kelompok beranggotakan 5 orang.
·  Peserta didik berdiskusi berdasarkan kelompoknya mengerjakan Lembar Kerja Siswa berdasarkan tayangan video mendiskusikan Faktor-faktor penyebab ketimpangan sosial ekonomi,dampak ketimpangan sosial dibidang ekonomi,alternatif pemecahan masalah  dampak ketimpangan sosial dibidang ekonomi
d.    Setelah selesai berdiskusi setiap kelompok bergantian mempresentasikan hasil diskusi kelompok. Sedangkan Kelompok yang lain menanggapi  .
e.    Setelah presentasi tiap-tiap kelompok, masing-masing kelompok menyempurnakan hasil diskusinya.















































130 menit
Kegiatan Penutup
A.Guru memberikan umpan balik terhadap jalannya diskusi tentang ketimpangan sosial yang terkait dibidang pendidikan  dan bersama peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran.
B.Guru menyampaikan pertanyaan secara acak untuk mengetahui ketercapaian dari  kompetensi yang dipelajari siswa

C.Guru meminta siswa untuk menyampaikan refleksi dengan memberikan learning log
D.Guru menyampaikan tindak lanjut dengan meminta siswa membuat kliping tentang ketimpangan sosial yang terkait dampaknya  ekonomi lalu menganalisanya.
E.Berdoa bersama


30 menit

3.     Pertemuan 3 ( 2 jp)
Langkah Pembelajaran
Sintak Model Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu

Kegiatan Pendahuluan
a. mengucapkan salam dan berdoa
b. memotivasi peserta didik
c.  Apersepsi (Guru mengkaitan pelajaran sebelumnya) dan memberi motivasi (guru menyampaikan manfaat mempelajari ketimpangan sosial), mengecek kehadiran siswa
d.Guru menjelaskan kompetensi dasar, indikator pembelajaran






















Orientasi peserta didik pada masalah










·   Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar



·   Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
















·  Mengembangkan dan menyajikan hasil karya



































·      Menganalisis dan mengevaluai proses pemecahan masalah



Memuat kegiatan

Mengamati
Siswa diminta mengamati tayangan video tentang ketimpangan sosial terkait dampaknya dibidang kesehatan

Menanya
Setelah mengamati gambar tersebut guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang gambar terkait dengan dampak ketimpangan sosial dibidang kesehatan . contoh pertanyaan siswa:
1.       Dari tayangan video tersebut apa yang dapat  ditemukan?
2.       Mengapa terjadi ketimpangan sosial di bidang kesehatan  di masyarakat Indonesia?
3.       Bagaimana dampak dari ketimpangan sosial di bidang kesehatan?

Bagaimana alternatif pemecahan masalah dari dampak ketimpangan di bidang kesehatan?


-     Mengumpulkan informasi/mencoba
Peserta didik berdiskusi secara kelompok untuk menggali informasi tentang tayangan video ketimpangan sosial berfokus pada ketimpangan ekonomi. Data-data yang dibahas   yaitu:
· Faktor-faktor penyebab ketimpangan sosial dibidang kesehatan
· Dampak ketimpangan sosial dibidang kesehatan
· Alternatif dampak pemecahan masalah ketimpangan dibidang kesehatan

-     Menalar/mengasosiasi
Data-data yang sudah diperoleh dari mengumpulkan informasi dihubung-hubungkan  sehingga memperoleh sebuah kesimpulan


-     Mengomunikasikan
Membuat laporan secara tertulis dan melaporkan hasilnya pada diskusi kelas. Dalam diskusi kelas saling terbuka dan menerima masukan untuk penyempurnaan
20 menit
Kegiatan Inti **)
a.    Peserta didik mengamati gambar tentang ketimpangan sosial terkait dampaknya dibidang kesehatan.
b.    Peserta didik mengajukan pertanyaan atas hasil pengamatan terhadap gambar


c.    Guru membentuk kelompok diskusi siswa. Setiap kelompok beranggotakan 5 orang.

·  Peserta didik berdiskusi berdasarkan kelompoknya mengerjakan Lembar Kerja Siswa berdasarkan gambar ,mendiskusikan faktor-faktor penyebab ketimpangan sosial di bidang kesehatan,dampak ketimpangan sosial dibidang kesehatan, alternatif pemecahan masalah  dampak ketimpangan sosial dibidang kesehatan.
d.  Setelah selesai berdiskusi setiap kelompok bergantian mempresentasikan hasil diskusi kelompok. Sedangkan Kelompok yang lain menanggapi  .
e.  Setelah presentasi tiap-tiap kelompok, masing-masing kelompok menyempurnakan hasil diskusinya.




120 menit

Kegiatan Penutup
A.Guru memberikan umpan balik terhadap jalannya diskusi tentang ketimpangan sosial yang terkait dibidang pendidikan  dan bersama peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran.
B.Guru menyampaikan pertanyaan secara acak untuk mengetahui ketercapaian dari  kompetensi yang dipelajari siswa
C.Guru meminta siswa untuk menyampaikan refleksi
D.Guru menyampaikan tindak lanjut dengan meminta siswa  meresume hasil diskusi tentang ketimpangan sosial yang terkait dampaknya  dibidang kesehatan lalu menganalisanya.
E.Guru mengucapkan salam


30 menit


Pertemuan 4
Langkah Pembelajaran
Sintak Model Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan
a. mengucapkan salam dan berdoa
b. memotivasi peserta didik
c. Apersepsi (Guru mengkaitan pelajaran sebelumnya) dan memberi motivasi (guru menyampaikan manfaat mempelajari ketimpangan sosial), mengecek kehadiran siswa
d.Guru menjelaskan kompetensi dasar, indikator pembelajaran






·      Orientasi Peserta didik pada masalah










·  Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar


·  Membimbing penyelidikan individu dan kelompok












·  Mengembangkan dan menyajikan hasil karya








·      Menganalisis dan mengevaluai proses pemecahan masalah


Memuat kegiatan
-     Mengamati
Siswa diminta mengamati artikel ketimpangan sosial dibidang hukum yang ada di lingkungan masyarakat dan memberikan contoh-contoh dampak ketimpangan sosial di bidang hukum di masyarakat.
-     Menanya
Setelah mengamati ketimpangan sosial di bidang hukum yang terjadi di lingkungan masyarakat. Guru memberikan memotivasi dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya:
·          Apa saja Faktor-faktor penyebab ketimpangan sosial dibidang hukum?




·      Bagaimana Dampak ketimpangan sosial dibidang hukum ?
·      Bagaimana alternatif dampak pemecahan masalah ketimpangan dibidang hukum
-     Mengumpulkan informasi/mencoba
Peserta didik berdiskusi secara kelompok untuk menggali informasi tentang ketimpangan sosial yang di bidang hukum ada di lingkungan masyarakat sekitar. Data-data yang dibahas   yaitu:
·  Faktor-faktor penyebab ketimpangan sosial bidang hukum di masyarakat
·  Dampak ketimpangan sosial bidang hukum di masyarakat
Alternatif pemecahan masalah ketimpangan sosial  di masyarakat dibidang hukum
-     Menalar/mengasosiasi
Data-data yang sudah diperoleh dari mengumpulkan informasi dihubung-hubungkan  sehingga memperoleh sebuahkesimpulan


-     Mengomunikasikan
Membuat laporan secara tertulis dan mempresentasikan hasilnya pada diskusi kelas. Dalam diskusi kelas saling terbuka dan menerima masukan untuk penyempurnaan
20 menit
Kegiatan Inti **)
a.    Peserta didik mengamati artikel tentang ketimpangan sosial terkait dampaknya dibidang hukum.
b.    Peserta didik mengajukan pertanyaan atas hasil pengamatan terhadap artikel
c.    Guru membentuk kelompok diskusi siswa. Setiap kelompok beranggotakan 5 orang.


·  Peserta didik berdiskusi berdasarkan kelompoknya mengerjakan Lembar Kerja Siswa berdasarkan artikel mendiskusikan Faktor-faktor penyebab ketimpangan sosial  dibidang hukum,dampak ketimpangan sosial dibidang hukum, alternatif pemecahan masalah  dampak ketimpangan sosial dibidang hukum

d.    Setelah selesai berdiskusi setiap kelompok bergantian mempresentasikan hasil diskusi kelompok. Sedangkan Kelompok yang lain menanggapi  .
e.    Setelah presentasi tiap-tiap kelompok, masing-masing kelompok menyempurnakan hasil diskusinya.




120 menit
Kegiatan Penutup
A.Guru memberikan umpan balik terhadap jalannya diskusi tentang ketimpangan sosial yang terkait dibidang pendidikan  dan bersama peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran.
B.Guru menyampaikan pertanyaan secara acak untuk mengetahui ketercapaian dari  kompetensi yang dipelajari siswa
C.Guru meminta siswa untuk menyampaikan refleksi
D.Guru menyampaikan tindak lanjut dengan meminta siswa  membuat makalah tentang ketimpangan sosial yang terkait dampaknya  dibidang hukum lalu menganalisanya.
E.Berdoa bersama


30 menit

4.     Pertemuan 5
Langkah Pembelajaran
Sintak Model Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan
a. mengucapkan salam dan berdoa
b. memotivasi peserta didik
c.  Apersepsi (Guru mengkaitan pelajaran sebelumnya) dan memberi motivasi (guru menyampaikan manfaat mempelajari ketimpangan sosial), mengecek kehadiran siswa
d.Guru menjelaskan kompetensi dasar, indikator dan materi pokok pembelajaran tentang ketimpangan sosial



















Orientasi peserta didik pada masalah






·      Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar







·      Membimbing penyelidikan individu dan kelompok




·  Mengembangkan dan menyajikan hasil karya











·      Menganalisis dan mengevaluai proses pemecahan masalah



Memuat kegiatan
-     Mengamati
Siswa diminta mengamati lingkungan sekitar masyarakat mengenai ketimpangan sosial




-     Menanya
Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang ketimpangan sosial yang terjadi di lingkungan masyarakat seperti:
·               Mengapa terjadi ketimpangan sosial di masyarakat?
 Siswa yang lain menanggapinya



-     Mengumpulkan informasi/mencoba
Peserta didik berdiskusi secara kelompok untuk menggali informasi yang terkait dengan hasil pengamatan ketimpangan sosial di masyarakat  tersebut yang dikorelasikan dengan teori-teori ketimpangan sosial yang diperoleh dari referensi yang ada.

-     Menalar/mengasosiasi
Data-data yang sudah diperoleh dari mengumpulkan informasi dihubung-hubungkan  sehingga memperoleh sebuah kesimpulan

-     Mengomunikasikan
Membuat laporan secara tertulis dan mempresentasikan hasilnya pada diskusi kelas. Dalam diskusi kelas saling terbuka dan menerima masukan untuk penyempurnaan
20 menit
Kegiatan Inti **)
a.    Peserta didik mengamati gambar-gambar tentang ketimpangan sosial yang ada di masyarakat.
b.    Peserta didik mengajukan pertanyaan atas hasil pengamatan terhadap tayangan video
c.    Guru membentuk kelompok diskusi siswa. Setiap kelompok beranggotakan 5 orang.

·  Peserta didik berdiskusi berdasarkan kelompoknya mengerjakan Lembar Kerja Siswa yaitu mengaitkan fenomena ketimpangan sosial dalam kehidupan sehari-hari dengan teori-teori ketimpangan sosial yang diperoleh dari berbagai referensi.
·   
d.    Setelah selesai berdiskusi setiap kelompok bergantian mempresentasikan hasil diskusi kelompok. Sedangkan Kelompok yang lain menanggapi  .

e.    Setelah presentasi tiap-tiap kelompok, masing-masing kelompok menyempurnakan hasil diskusinya.






























120 menit
Kegiatan Penutup
A.Guru memberikan umpan balik terhadap jalannya diskusi tentang ketimpangan sosial dalam kehidupan sehari-hari dikaitkan dengan teori ketimpangan sosial dan bersama peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran.
B.Guru menyampaikan pertanyaan secara acak untuk mengetahui ketercapaian dari  kompetensi yang dipelajari siswa
C.Guru meminta siswa untuk menyampaikan refleksi
D.Guru menyampaikan tindak lanjut dengan tes tulis
E.Berdoa bersama


30 menit



F.    Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.        Teknik penilaian :
· Pertemuan pertama
a. Penilaian sikap: observasi
b.Penilaian pengetahuan : Tes lisan
c.Penilaian ketrampilan    : Unjuk kerja /
·     Pertemuan kedua
 a. Penilaian  sikap: teman sejawat
b.Penilaian  pengetahuan  :  Tes lisan
c. penilaian ketrampilan : Unjuk kerja/praktik
·     Pertemuan kedua
a.           Penilaian sikap : Penialian diri
b.           Penilaian pengetahuan : Tes lisan
c.           Penilaian ketrampilan : Praktik
·     Pertemuan keempat
a.Penilaian sikap : observasi
bPenilaian pengetahuan : tes lisan
c.Penilaian Ketrampilan : Praktik
·     Pertemuan kelima
a.Penilaian sikap : jurnal
bPenilaian pengetahuan : tes tulis
c.Penilaian ketrampilan : Portofolio



2. Instrumen penilaian
v  Pertemuan Pertama
a.     Penilaian sikap waktu diskusi

Instrumen:
          Instrumen: Penilaian  Kompetensi  Sikap  Melalui  Observasi
NO
NAMA SISWA
ASPEK
JML SKOR
NILAII
KERJASAMA
RASA INGIN TAHU
SANTUN
KOMUNIKATIF
1







2







3







4







5







6







….








Cara pengisianlembarpenilaiansikapadalahdenganmemberikan skor pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan terhadap peserta didik selama kegiatanyaitu:.
Kolom Aspek perilaku diisi dengan angka yang sesuai dengan kriteria berikut.
4 = sangat baik
3 = baik
2 = cukup
1 = kurang

Perhitungan nilai sikap untuk   instrumen seperti di atas dapat  menggunakan rumus  berikut:
Nilai
b.   Instrumen penilaian pengetahuan (tes lisan)
Indikator soal
Pertanyaan
Rambu-rambu jawaban
Skor maksimum
Menjelaskan faktor penyebab ketimpangan sosial dari faktor pendidikan
1.      Ketimpangan sosial merupakan bentuk ketidak adilan dalam masyarakat. Munculnya ketimpangan sosial di masyarakat dapat dipengaruhi oleh faktor pendidikan. Mengapa pendidikan menjadi salah satu faktor ketimpangan sosial?

Pendidikan merupakan salah satu faktor penyebab ketimpangan sosial karena pendidikan merupakan kebutuhan semua orang untuk peningkatan kualitas bsumber daya manusia. Kualitas pendidikan yang tidak merata di desa dan di kota , fasilitas pembelajaran yang tidak merata , kualitas guru yang tidak sama .Perbedaan ini dapat menimbulkan ketimpangan sosial
10

c.Instrumen penilaian ketrampilan
No
Nama Peserta didik
Ketepatan dengan tema
Ketajaman analisis
Alur paparan
Ketepatan waktu mengumpulkan
keterangan

Kesesuaian dengan tema




























 Kriteria penilaian ketrampilan:
1 : sangat kurang
2: Kurang lengkap
3: lengkap

Perhitungan ketrampilan  untuk   instrumen seperti di atas dapat  menggunakan rumus  berikut:
Nilai

b.    Pertemuan Kedua

c. Pertemuan seterusnya
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan   :
v  Remedial : Peserta didik mengamati ketimpangan sosial yang ada disekitarnya lalu dianalisa: A)penyebabnya, B) dampaknya  C) Solusi/penyelesaian
v  Pengayaan : Peserta didik yang sudah tuntas mencapai KKM. Diberi tugas tambahan membaca sumber referensi :
http://www.academia.edu/6294390/PEREKONOMIAN_INDONESIA_KETIMPANGAN_PENDAPATAN
4. Kunci dan Pedoman Penskoran
1.    Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.  Media/Alat
Media: Video tentang dampak ketimpangan sosial dibidang pendidikan, Video tentang dampak ketimpangan sosial diekonomi, gambar  dampak ketimpangan sosial dibidang kesehatan, Gambar-gambar ketimpangan sosial dalam kehidupan sehari-hari, Artikel ketimpangan sosial dibidang hukum
2.  Bahan : Power point, LCD, laptop
3.  Sumber Belajar: Buku Sosiologi klas XII penerbit Media Tama dan buku sosiologi lain yang relevan




CATATAN   :












Bojonegoro, 27 Juli  2015
Mengetahui
Kepala SMA Negeri I Baureno                                                        Guru Mata Pelajaran




Drs.H. MUHAMMAD YUNUS, M.Pd Drs. SUPRIYANTO
Nip. 19580815 198403 1 015                                            NIP. 19670712 199802 1 002


2 comments:

  1. Do you understand there is a 12 word phrase you can communicate to your man... that will induce intense emotions of love and instinctual attractiveness to you buried inside his heart?

    Because deep inside these 12 words is a "secret signal" that triggers a man's instinct to love, treasure and care for you with his entire heart...

    ===> 12 Words That Trigger A Man's Desire Response

    This instinct is so built-in to a man's brain that it will drive him to work harder than ever before to to be the best lover he can be.

    As a matter of fact, fueling this dominant instinct is absolutely important to having the best ever relationship with your man that once you send your man one of the "Secret Signals"...

    ...You will soon notice him open his mind and heart for you in a way he never expressed before and he will identify you as the only woman in the world who has ever truly understood him.

    ReplyDelete