RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
|
SMA NEGERI 1 DANDER
|
|
Mata pelajaran :
|
SOSIOLOGI
|
|
Kelas/Semester :
|
XII/
GANJIL
|
Alokasi Waktu :
|
22 JAM
|
|
Materi Pokok :
|
|
|
A. Kompetensi Inti (KI)
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 : Memahami,
menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,teknologi, seni,
budaya, dan humaniora denganwawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai denganbakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
KI 4 : Mengolah, menalar, menyaji dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar
1.
KD pada KI-1
1.1. Membuka wawasan
terhadap berbagai peradaban dunia untuk memperkuat nilai keagamaan dan
mendorong penghormatan terhadap keragaman peradaban.
2.
KD pada KI-2
2.1. Mengembangkan
Kemampuan penyesuaian diri terhadap perubahan sosial
3.
KD pada KI-3
3.3. Menganalisis
ketimpangan sosial sebagai akibat dari perubahan sosial di tengah- tengah globalisasi
4.
KD pada KI-4
4.3.
Mengolah hasil kajian dan pengamatan tentang ketimpangan sosial sebagai
akibat dari perubahan sosial di tengah-tengah globalisasi
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Indikator KD pada KI-1
1.1 Mensyukuri segala
karunia Tuhan dengan melihat pada terjadinya berbagai ketimpangan sosial yang ada dan
dengan segala potensi yang dimiliki berusaha mengatasi adanya
ketimpangan sosial tersebut
2. Indikator KD pada KI-2
2.1
Mewujudkan sikap
empati dan tidak diskriminatif dalam kehidupan sosial yang harmonis
2.2
Menunjukkan rasa
empati terhadap ketimpangan sosial di masyarakat sekitar dan mendorong
partisipasi dalam mengatasinya
3. Indikator KD pada KI-3
3.1. Mengidentifikasi ketimpangan
sosial sebagai akibat dari perubahan sosial di masyarakat
3.2. Menjelaskan faktor-faktor penyebab ketimpangan sosial
sebagai akibat dari perubahan sosial di masyarakat
3.3. Menjelaskan dampak fenomena
ketimpangan sosial akibat perubahan sosial di lingkungan masyarakat
3.4. Memberikan contoh
alternatif pemecahan masalah akibat
ketimpangan sosial di masyarakat
4. Indikator KD pada KI-4
4.1. Membuat laporan hasil diskusi
tentang fenomena ketimpangan sosial di masyarakat
4.2. Mempresentasikan hasil diskusi
tentang fenomena ketimpangan sosialdi
masyarakat
D. Materi Pembelajaran
A.
Konsep ketimpangan sosial sebagai akibat dari
perubahan sosial
B.
Ketimpangan
di berbagai
aspek kehidupan sosial
C.
Faktor
penyebab intern (dari dalam ) dan ekstern (dari luar) ketimpangan sosial
D.
Dampak-dampak
fenomena ketimpangan sosial
E.
Alternatif pemecahan masalah akibat ketimpangan sosial
F.
Teori-teori
ketimpangan sosial
E. Kegiatan Pembelajaran
1.
Pertemuan Pertama: ( 2 JP)
Langkah Pembelajaran
|
Sintak Model Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
a.mengucapkan salam dan berdoa
b. memotivasi peserta didik
c.Apersepsi (Guru mengkaitan
pelajaran sebelumnya) dan memberi motivasi (guru menyampaikan manfaat
mempelajari ketimpangan sosial)serta di lingkungan sekitarnya, mengecek
kehadiran siswa
c.Guru
menyampaikan kompetensi dasar, indikator tentang ketimpangan sosial
d.Guru menampilkan gambar-gambar tentang ketimpangan
sosial dan siswa diminta menanggapinya.
e.Guru
meminta siswa memberikan contoh ketimpangan sosial dalam kehidupan
sehari-hari
|
Orientasi peserta didik pada masalah
·
Mengorganisasi-kan peserta didik untuk belajar
·
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan
masalah
|
Memuat kegiatan
- Mengamati
Siswa diminta mengamati tayangan video
tentang ketimpangan sosial dalam
berbagai bidang kehidupan secara sederhana.
- Menanya
Dari
tayangan video tersebut guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya
tentang video yang terkait ketimpangan sosial
Contoh pertanyaan yang muncul:
1.
Dari
tayangan video tersebut apa yang dapat
ditemukan?
2. Mengapa terjadi
ketimpangan sosial di masyarakat?
3. Bagaimana
dampak ketimpangan sosial?
4.
Bagaimana
alternatif pemecahan masalah dampak ketimpangan sosial?
Pertanyaan tersebut kemudian diserahkan kepada kelompok
lain untuk dijawab.
Mengumpulkan
informasi
Peserta didik
mencoba mencari informasi dari berbagai sumber dan mendiskusikan jawaban
dari pertanyaan yang diberikan oleh kelompok lain.
Mengasosiasi
Data-data yang sudah diperoleh dari mengumpulkan
informasi dihubung-hubungkan, dianalisis sehingga memperoleh sebuah
kesimpulan
Mengomunikasikan
Membuat laporan secara tertulis dan
mempresentasikan hasilnya pada diskusi kelas. Dalam diskusi kelas saling
terbuka dan menerima masukan untuk penyempurnaan
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
a.
Peserta didik mengamati tayangan video
tentang ketimpangan sosial terkait dampaknya
b.
Peserta didik mengajukan pertanyaan
atas hasil pengamatan terhadap tayangan video
c.
Guru membentuk kelompok diskusi siswa.
Setiap kelompok beranggotakan 5 orang.
· Peserta didik berdiskusi berdasarkan kelompoknya mengerjakan
Lembar Kerja Siswa berdasarkan tayangan video mendiskusikann :Pengertian
ketimpangan sosial, Faktor-faktor penyebab ketimpangan sosial, dampak ketimpangan sosial, alternatif pemecahan masalah dampak ketimpangan sosial.
d.
Setelah selesai berdiskusi setiap
kelompok bergantian mempresentasikan hasil diskusi kelompok. Sedangkan Kelompok
yang lain menanggapi .
e.
Setelah presentasi tiap-tiap kelompok,masing-masing
kelompok menyempurnakan hasil diskusinya.
|
60 menit
|
Kegiatan Penutup
A.
Guru memberikan umpan balik terhadap jalannya
diskusi tentang ketimpangan sosial
dan bersama peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran.
B.
Guru menyampaikan pertanyaan secara acak untuk
mengetahui ketercapaian dari
kompetensi yang dipelajari siswa
C.
Guru meminta siswa untukmenyampaikan refleksi
D.
Guru menyampaikan tindak lanjut dengan meminta
siswa mencari artikel di media massa tentang ketimpangan sosial lalu menganalisanya.
E.
Guru memberikan apresiasi kepada siswa lalu
mengucapkan salam.
|
|
15 menit
|
2.
Pertemuan ke-2 (2 JP)
Langkah Pembelajaran
|
Sintak Model Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
a. mengucapkan salam dan berdoa
b. memotivasi peserta didik
c. Apersepsi (Guru
mengkaitan pelajaran sebelumnya) dan memberi motivasi (guru menyampaikan
manfaat mempelajari ketimpangan sosial), mengecek kehadiran siswa
d.Guru
menyampaikan kompetensi dasar, indikator pembelajaran .
|
·
Orientasi Peserta didik pada masalah
·
Mengorganisa-sikan peserta didik untuk belajar
·
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
· Mengembang-kan dan menyajikan hasil karya
· Menganalisis dan mengevaluai proses pemecahan masalah
|
Memuat kegiatan
- Mengamati
Siswa diminta mengamati video ketimpangan sosial dibidang ekonomi
- Menanya
Setelah
mengamati video, guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya
Contohnya pertanyaan siswa:
1. Dari tayangan
video tersebut apa yang dapat ditemukan?
2. Mengapa terjadi
ketimpangan sosial di bidang ekonomi
di masyarakat Indonesia?
3. Bagaimana
dampak dari ketimpangan sosial di bidang ekonomi?
4. Bagaimana
alternatif pemecahan masalah dari dampak ketimpangan di bidang ekonomi?
Mengumpulkan informasi/men-coba
Peserta didik berdiskusi secara kelompok untuk
menggali informasi tentang ketimpangan ekonomi. Data-data yang dibahas yaitu:
·
Faktor-faktor penyebab ketimpangan
sosial dibidang ekonomi
·
Dampak ketimpangan sosial dibidang
ekonomi
·
Alternatif pemecahan masalah
ketimpangan dibidang ekonomi
Menalar/menga-sosiasi
Data-data yang sudah diperoleh dari
mengumpulkan informasi dihubung-hubungkan, dianalisis sehingga memperoleh kesimpulan.
Mengomunikasi-kan
Membuat laporan secara tertulis dan
mempresentasikan hasilnya pada diskusi kelas.
Dalam diskusi kelas saling terbuka dan menerima
masukan untuk penyempurnaan
|
20 menit
|
Kegiatan Inti **)
a.
Peserta didik mengamati tayangan video
tentang ketimpangan sosial terkait dampaknya dibidang ekonomi.
b.
Peserta didik mengajukan pertanyaan
atas hasil pengamatan terhadap tayangan video
c.
Guru membentuk kelompok diskusi siswa.
Setiap kelompok beranggotakan 5 orang.
· Peserta didik berdiskusi berdasarkan kelompoknya
mengerjakan Lembar Kerja Siswa berdasarkan tayangan video mendiskusikan
Faktor-faktor penyebab ketimpangan sosial ekonomi,dampak ketimpangan sosial
dibidang ekonomi,alternatif pemecahan masalah dampak ketimpangan sosial dibidang
ekonomi
d.
Setelah selesai berdiskusi setiap
kelompok bergantian mempresentasikan hasil diskusi kelompok. Sedangkan
Kelompok yang lain menanggapi .
e.
Setelah presentasi tiap-tiap kelompok,
masing-masing kelompok menyempurnakan hasil diskusinya.
|
130 menit
|
Kegiatan Penutup
A.Guru memberikan umpan balik terhadap
jalannya diskusi tentang ketimpangan sosial yang terkait dibidang
pendidikan dan bersama peserta didik
menyimpulkan hasil pembelajaran.
B.Guru menyampaikan pertanyaan secara acak
untuk mengetahui ketercapaian dari
kompetensi yang dipelajari siswa
C.Guru meminta siswa untuk menyampaikan
refleksi dengan memberikan learning log
D.Guru menyampaikan tindak lanjut dengan meminta siswa
membuat kliping tentang ketimpangan sosial yang terkait dampaknya ekonomi lalu menganalisanya.
E.Berdoa bersama
|
|
30 menit
|
3.
Pertemuan 3 ( 2 jp)
Langkah Pembelajaran
|
Sintak Model Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
a. mengucapkan salam dan berdoa
b. memotivasi peserta didik
c. Apersepsi (Guru
mengkaitan pelajaran sebelumnya) dan memberi motivasi (guru menyampaikan
manfaat mempelajari ketimpangan sosial), mengecek kehadiran siswa
d.Guru
menjelaskan kompetensi dasar, indikator pembelajaran
|
Orientasi peserta didik pada masalah
·
Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar
·
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
· Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
·
Menganalisis dan mengevaluai proses pemecahan
masalah
|
Memuat kegiatan
Mengamati
Siswa diminta mengamati tayangan video
tentang ketimpangan sosial terkait dampaknya dibidang kesehatan
Menanya
Setelah
mengamati gambar tersebut guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
bertanya tentang gambar terkait dengan dampak ketimpangan sosial dibidang kesehatan . contoh
pertanyaan siswa:
1.
Dari
tayangan video tersebut apa yang dapat
ditemukan?
2.
Mengapa
terjadi ketimpangan sosial di bidang kesehatan di masyarakat Indonesia?
3.
Bagaimana
dampak dari ketimpangan sosial di bidang kesehatan?
Bagaimana
alternatif pemecahan masalah dari dampak ketimpangan di bidang kesehatan?
- Mengumpulkan informasi/mencoba
Peserta didik berdiskusi secara
kelompok untuk menggali informasi tentang tayangan video ketimpangan sosial
berfokus pada ketimpangan ekonomi. Data-data yang dibahas yaitu:
· Faktor-faktor penyebab ketimpangan sosial dibidang
kesehatan
· Dampak ketimpangan sosial dibidang kesehatan
· Alternatif dampak pemecahan masalah ketimpangan
dibidang kesehatan
- Menalar/mengasosiasi
Data-data yang sudah diperoleh dari mengumpulkan
informasi dihubung-hubungkan
sehingga memperoleh sebuah kesimpulan
- Mengomunikasikan
Membuat laporan secara tertulis dan melaporkan
hasilnya pada diskusi kelas. Dalam diskusi kelas saling terbuka dan
menerima masukan untuk penyempurnaan
|
20 menit
|
Kegiatan Inti **)
a.
Peserta didik mengamati gambar tentang
ketimpangan sosial terkait dampaknya dibidang kesehatan.
b.
Peserta didik mengajukan pertanyaan
atas hasil pengamatan terhadap gambar
c. Guru membentuk kelompok diskusi siswa. Setiap
kelompok beranggotakan 5 orang.
· Peserta didik berdiskusi berdasarkan kelompoknya
mengerjakan Lembar Kerja Siswa berdasarkan gambar ,mendiskusikan faktor-faktor
penyebab ketimpangan sosial di bidang kesehatan,dampak ketimpangan sosial
dibidang kesehatan, alternatif pemecahan masalah dampak ketimpangan sosial dibidang
kesehatan.
d.
Setelah selesai berdiskusi setiap kelompok
bergantian mempresentasikan hasil diskusi kelompok. Sedangkan Kelompok yang
lain menanggapi .
e.
Setelah presentasi tiap-tiap kelompok,
masing-masing kelompok menyempurnakan hasil diskusinya.
|
120 menit
|
Kegiatan Penutup
A.Guru memberikan umpan balik terhadap
jalannya diskusi tentang ketimpangan sosial yang terkait dibidang
pendidikan dan bersama peserta didik
menyimpulkan hasil pembelajaran.
B.Guru menyampaikan pertanyaan secara acak
untuk mengetahui ketercapaian dari
kompetensi yang dipelajari siswa
C.Guru meminta siswa untuk menyampaikan
refleksi
D.Guru menyampaikan tindak lanjut dengan
meminta siswa meresume hasil diskusi
tentang ketimpangan sosial yang terkait dampaknya dibidang kesehatan lalu menganalisanya.
E.Guru mengucapkan salam
|
|
30 menit
|
Pertemuan 4
Langkah Pembelajaran
|
Sintak Model Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
a. mengucapkan salam dan berdoa
b. memotivasi peserta didik
c. Apersepsi
(Guru mengkaitan pelajaran sebelumnya) dan memberi motivasi (guru
menyampaikan manfaat mempelajari ketimpangan sosial), mengecek kehadiran
siswa
d.Guru
menjelaskan kompetensi dasar, indikator pembelajaran
|
·
Orientasi Peserta didik pada masalah
· Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar
· Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
· Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
·
Menganalisis dan mengevaluai proses pemecahan
masalah
|
Memuat kegiatan
- Mengamati
Siswa diminta mengamati artikel ketimpangan sosial
dibidang hukum yang ada di lingkungan masyarakat dan memberikan
contoh-contoh dampak ketimpangan sosial di bidang hukum di masyarakat.
- Menanya
Setelah
mengamati ketimpangan sosial di bidang hukum yang terjadi di lingkungan
masyarakat. Guru memberikan memotivasi dan memberikan kesempatan kepada
siswa untuk bertanya:
·
Apa saja Faktor-faktor penyebab
ketimpangan sosial dibidang hukum?
·
Bagaimana Dampak ketimpangan sosial
dibidang hukum ?
·
Bagaimana alternatif dampak pemecahan
masalah ketimpangan dibidang hukum
- Mengumpulkan informasi/mencoba
Peserta didik berdiskusi secara kelompok untuk
menggali informasi tentang ketimpangan sosial yang di bidang hukum ada di
lingkungan masyarakat sekitar. Data-data yang dibahas yaitu:
· Faktor-faktor penyebab ketimpangan sosial bidang
hukum di masyarakat
· Dampak ketimpangan sosial bidang hukum di
masyarakat
Alternatif pemecahan masalah
ketimpangan sosial di masyarakat
dibidang hukum
- Menalar/mengasosiasi
Data-data yang sudah diperoleh dari
mengumpulkan informasi dihubung-hubungkan
sehingga memperoleh sebuahkesimpulan
- Mengomunikasikan
Membuat laporan secara tertulis dan
mempresentasikan hasilnya pada diskusi kelas. Dalam diskusi kelas saling
terbuka dan menerima masukan untuk penyempurnaan
|
20 menit
|
Kegiatan Inti **)
a.
Peserta didik mengamati artikel
tentang ketimpangan sosial terkait dampaknya dibidang hukum.
b.
Peserta didik mengajukan pertanyaan
atas hasil pengamatan terhadap artikel
c.
Guru membentuk kelompok diskusi siswa.
Setiap kelompok beranggotakan 5 orang.
· Peserta didik berdiskusi berdasarkan kelompoknya
mengerjakan Lembar Kerja Siswa berdasarkan artikel mendiskusikan
Faktor-faktor penyebab ketimpangan sosial
dibidang hukum,dampak ketimpangan sosial dibidang hukum, alternatif
pemecahan masalah dampak ketimpangan
sosial dibidang hukum
d.
Setelah selesai berdiskusi setiap
kelompok bergantian mempresentasikan hasil diskusi kelompok. Sedangkan
Kelompok yang lain menanggapi .
e.
Setelah presentasi tiap-tiap kelompok,
masing-masing kelompok menyempurnakan hasil diskusinya.
|
120 menit
|
Kegiatan Penutup
A.Guru memberikan umpan balik terhadap jalannya diskusi
tentang ketimpangan sosial yang terkait dibidang pendidikan dan bersama peserta didik menyimpulkan
hasil pembelajaran.
B.Guru menyampaikan pertanyaan secara acak
untuk mengetahui ketercapaian dari
kompetensi yang dipelajari siswa
C.Guru meminta siswa untuk menyampaikan
refleksi
D.Guru menyampaikan tindak lanjut dengan
meminta siswa membuat makalah tentang
ketimpangan sosial yang terkait dampaknya
dibidang hukum lalu menganalisanya.
E.Berdoa bersama
|
|
30 menit
|
4.
Pertemuan 5
Langkah Pembelajaran
|
Sintak Model Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
a. mengucapkan salam dan berdoa
b. memotivasi peserta didik
c. Apersepsi (Guru
mengkaitan pelajaran sebelumnya) dan memberi motivasi (guru menyampaikan
manfaat mempelajari ketimpangan sosial), mengecek kehadiran siswa
d.Guru
menjelaskan kompetensi dasar, indikator dan materi pokok pembelajaran
tentang ketimpangan sosial
|
Orientasi peserta didik pada masalah
·
Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar
·
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
· Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
·
Menganalisis dan mengevaluai proses pemecahan
masalah
|
Memuat kegiatan
- Mengamati
Siswa diminta mengamati lingkungan sekitar
masyarakat mengenai ketimpangan sosial
- Menanya
Memberi
kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang ketimpangan sosial yang terjadi di lingkungan
masyarakat seperti:
·
Mengapa
terjadi ketimpangan sosial di masyarakat?
Siswa yang lain menanggapinya
- Mengumpulkan informasi/mencoba
Peserta didik berdiskusi secara
kelompok untuk menggali informasi yang terkait dengan hasil pengamatan
ketimpangan sosial di masyarakat tersebut
yang dikorelasikan dengan teori-teori ketimpangan sosial yang diperoleh
dari referensi yang ada.
- Menalar/mengasosiasi
Data-data yang sudah diperoleh dari mengumpulkan
informasi dihubung-hubungkan
sehingga memperoleh sebuah kesimpulan
- Mengomunikasikan
Membuat laporan secara tertulis dan
mempresentasikan hasilnya pada diskusi kelas. Dalam diskusi kelas saling
terbuka dan menerima masukan untuk penyempurnaan
|
20 menit
|
Kegiatan Inti **)
a.
Peserta didik mengamati gambar-gambar tentang
ketimpangan sosial yang ada di masyarakat.
b.
Peserta didik mengajukan pertanyaan
atas hasil pengamatan terhadap tayangan video
c.
Guru membentuk kelompok diskusi siswa.
Setiap kelompok beranggotakan 5 orang.
· Peserta didik berdiskusi berdasarkan kelompoknya
mengerjakan Lembar Kerja Siswa yaitu mengaitkan fenomena ketimpangan sosial
dalam kehidupan sehari-hari dengan teori-teori ketimpangan sosial yang
diperoleh dari berbagai referensi.
·
d.
Setelah selesai berdiskusi setiap
kelompok bergantian mempresentasikan hasil diskusi kelompok. Sedangkan
Kelompok yang lain menanggapi .
e.
Setelah presentasi tiap-tiap kelompok,
masing-masing kelompok menyempurnakan hasil diskusinya.
|
120 menit
|
Kegiatan Penutup
A.Guru memberikan umpan balik terhadap
jalannya diskusi tentang ketimpangan sosial dalam kehidupan sehari-hari
dikaitkan dengan teori ketimpangan sosial dan bersama peserta didik
menyimpulkan hasil pembelajaran.
B.Guru menyampaikan pertanyaan secara acak
untuk mengetahui ketercapaian dari
kompetensi yang dipelajari siswa
C.Guru meminta siswa untuk menyampaikan
refleksi
D.Guru menyampaikan tindak lanjut dengan tes
tulis
E.Berdoa bersama
|
|
30 menit
|
F.
Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.
Teknik penilaian :
· Pertemuan pertama
a. Penilaian sikap: observasi
b.Penilaian pengetahuan : Tes lisan
c.Penilaian ketrampilan
: Unjuk kerja /
·
Pertemuan kedua
a. Penilaian sikap: teman sejawat
b.Penilaian
pengetahuan : Tes lisan
c. penilaian ketrampilan : Unjuk kerja/praktik
·
Pertemuan kedua
a.
Penilaian sikap : Penialian diri
b.
Penilaian pengetahuan : Tes lisan
c.
Penilaian ketrampilan : Praktik
·
Pertemuan keempat
a.Penilaian sikap : observasi
bPenilaian pengetahuan : tes lisan
c.Penilaian Ketrampilan : Praktik
·
Pertemuan kelima
a.Penilaian sikap : jurnal
bPenilaian pengetahuan : tes tulis
c.Penilaian ketrampilan : Portofolio
2. Instrumen penilaian
v Pertemuan Pertama
a.
Penilaian sikap waktu diskusi
Instrumen:
Instrumen:
Penilaian Kompetensi Sikap
Melalui Observasi
NO
|
NAMA SISWA
|
ASPEK
|
JML SKOR
|
NILAII
|
KERJASAMA
|
RASA INGIN TAHU
|
SANTUN
|
KOMUNIKATIF
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
….
|
|
|
|
|
|
|
|
Cara pengisianlembarpenilaiansikapadalahdenganmemberikan skor pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
terhadap peserta didik selama kegiatanyaitu:.
Kolom Aspek perilaku diisi dengan
angka yang sesuai dengan kriteria berikut.
4 = sangat baik
3 = baik
2 = cukup
1 = kurang
Perhitungan nilai sikap untuk instrumen seperti di atas dapat menggunakan rumus berikut:
Nilai
b.
Instrumen
penilaian pengetahuan (tes lisan)
Indikator soal
|
Pertanyaan
|
Rambu-rambu jawaban
|
Skor maksimum
|
Menjelaskan faktor penyebab ketimpangan sosial dari faktor
pendidikan
|
1.
Ketimpangan sosial merupakan bentuk ketidak adilan dalam masyarakat. Munculnya ketimpangan sosial di masyarakat dapat dipengaruhi oleh
faktor pendidikan. Mengapa pendidikan menjadi salah satu faktor ketimpangan
sosial?
|
Pendidikan merupakan salah satu
faktor penyebab ketimpangan sosial karena pendidikan merupakan kebutuhan
semua orang untuk peningkatan kualitas bsumber daya manusia. Kualitas
pendidikan yang tidak merata di desa dan di kota , fasilitas pembelajaran
yang tidak merata , kualitas guru yang tidak sama .Perbedaan ini dapat
menimbulkan ketimpangan sosial
|
10
|
c.Instrumen penilaian ketrampilan
No
|
Nama Peserta didik
|
Ketepatan dengan tema
|
Ketajaman analisis
|
Alur paparan
|
Ketepatan waktu mengumpulkan
|
keterangan
|
|
Kesesuaian dengan tema
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kriteria penilaian ketrampilan:
1
: sangat kurang
2:
Kurang lengkap
3:
lengkap
Perhitungan ketrampilan
untuk instrumen seperti di
atas dapat menggunakan rumus berikut:
Nilai
b.
Pertemuan Kedua
c. Pertemuan seterusnya
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan :
v Remedial : Peserta didik mengamati ketimpangan sosial yang
ada disekitarnya lalu dianalisa: A)penyebabnya, B) dampaknya C) Solusi/penyelesaian
v Pengayaan : Peserta didik yang sudah tuntas mencapai KKM.
Diberi tugas tambahan membaca sumber referensi :
http://www.academia.edu/6294390/PEREKONOMIAN_INDONESIA_KETIMPANGAN_PENDAPATAN
4. Kunci dan
Pedoman Penskoran
1.
Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media/Alat
Media: Video tentang dampak
ketimpangan sosial dibidang pendidikan, Video tentang dampak ketimpangan
sosial diekonomi, gambar dampak
ketimpangan sosial dibidang kesehatan, Gambar-gambar ketimpangan sosial dalam
kehidupan sehari-hari, Artikel ketimpangan sosial dibidang hukum
2. Bahan : Power
point, LCD, laptop
3. Sumber Belajar:
Buku Sosiologi klas XII penerbit Media Tama dan buku sosiologi lain yang
relevan
|
Do you understand there is a 12 word phrase you can communicate to your man... that will induce intense emotions of love and instinctual attractiveness to you buried inside his heart?
ReplyDeleteBecause deep inside these 12 words is a "secret signal" that triggers a man's instinct to love, treasure and care for you with his entire heart...
===> 12 Words That Trigger A Man's Desire Response
This instinct is so built-in to a man's brain that it will drive him to work harder than ever before to to be the best lover he can be.
As a matter of fact, fueling this dominant instinct is absolutely important to having the best ever relationship with your man that once you send your man one of the "Secret Signals"...
...You will soon notice him open his mind and heart for you in a way he never expressed before and he will identify you as the only woman in the world who has ever truly understood him.
semangat
ReplyDelete