RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A. Kompetensi Inti (KI)
1.
Menghayatidanmengamalkanajaran
agama yang dianutnya
2.
Menghayatidanmengamalkanperilakujujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsifdan
pro-aktifdanmenunjukkansikapsebagaibagiandarisolusiatasberbagaipermasalahandalamberinteraksisecaraefektifdenganlingkungansosialdanalamsertadalammenempatkandirisebagaicerminanbangsadalampergaulandunia
3.
Memahami, menerapkan,
menganalisisdan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan
mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara
efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar
1.1. Membuka wawasan terhadap berbagai peradaban dunia untuk memperkuat
nilai keagamaan dan
mendorong penghormatan terhadap keragaman peradaban
2.1. Mengembangkankemampuanpenyesuaiandiriterhadapperubahansosial.
2.2. Menunjukkan rasa empati terhadap ketimpangan sosial di masyarakat
sekitar dan mendorong partisipasi dalam mengatasinya.
3.1. Menganalisisperubahansosialdanakibat yang
ditimbulkannyadalam kehidupan masyarakat
4.1. Melakukan kajian, pengamatan dan diskusi dalam perubahan sosial dan
akibat yang ditimbulkannya
C. Indikator Pencapaian Kompetensi*)
1.1.1.
Meyakini segala bentuk perubahan sosial yang terjadi sebagai anugrah
Tuhan yang perlu kita syukuri
2.1.1.
Mengembangkan sikap toleransi terhadap perbedaan akibat adanya perubahan
sosial
3.1.1.
Mengidentifikasi perubahan social di lingkungan sekolah, lingkungan
keluarga, dan lingkungan masyarakat
3.1.2.
Menganalisis faktor-faktor penyebab, pendorong dan penghambat
Perubahan Sosial dikaitkan dengan realitas sosial
3.1.3. Menganalisis
kesesuaian teori Perubahan Sosial dengan realitas sosial
4.1.1.
Melakukan pengamatan perubahanan social di
lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, dan
lingkungan masyarakat
4.1.2. Melakukan diskusi perubahanan social di
lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, dan
lingkungan masyarakat
4.1.3.
Melakukan pelaporan hasil
diskusi perubahanan social di lingkungan sekolah, lingkungan keluarga,
dan lingkungan masyarakat
D. Materi Pembelajaran
1.
Konsep perubahan sosial
2.
Faktor-faktor perubahan sosial
3.
Teori – teori perubahan sosial
E. Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama: (4 JP X 45 m)
2. Pertemuan Kedua: (4 jp x 45 m)
Pertemuanketiga (4 jp x 45 m)
Pertemuankeempat (4 jp x 45 m)
F. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.Teknik penilaian :
a.
Penilaian kompetensi sikap: lembar
pengamatan/observasi
b.
Penilaian kompetensi pengetahuan: tes tulis
pilihan ganda dan uraian
c.
Penilaian kompetensi ketrampilan : rubrik
praktik membuat slide PPt tentang gambar-gambar perubahan sosial
2. Instrumen penilaian
a. Pertemuan
Pertama, kedua,
ketiga
Penilaiankompetensisikap: Lembarpengamatan/observasi
Cara pengisianlembarpenilaiansikapadalahdenganmemberikan skor pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan terhadap peserta
didik selama kegiatanyaitu:.
Kolom Aspek perilaku diisi dengan angka yang sesuai dengan kriteria
berikut :
3
:sangatbaik
3 : baik
2 : cukup
1 : kurang
Cara
pengisianlembarpenilaiansikapadalahdenganmemberikan
skor pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan terhadap peserta didik selama
kegiatanyaitu:.
Kolom Aspek perilaku diisi dengan
angka yang sesuai dengan kriteria berikut.
4 = sangat baik
3 = baik
2 = cukup
1 = kurang
Nilai masing-masing perilaku yang diperoleh dari
penilaian kompetensi sikap
melalui observasi ini
akan digabungkan secara keseluruhan dalam kurun waktu pelaporan hasil
belajar ( pada tengah semester atau
pada akhir semester) untuk menentukan
modusnya
Instrumen: Penilaian Sikap melaluiJurnal
Petunjukpengisianjurnal (diisioleh guru):
Aspek yang diamati : ………………………….
Kejadian : ………………………….
Tanggal : ………………………….
NamaPesertaDidik : ………………………….
NomorpesertaDidik : ………………………….
CatatanPengamatanGuru:
...................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Instrument
jurnal model lain:
Aspek yang diamati : ………………………….
Kejadian : ………………………….
Tanggal : ………………………….
NamaPesertaDidik : ………………………….
NomorpesertaDidik : ………………………….
c.
Pertemuankeempat
Instrumenpenilaianpengetahuan
: testulispilihangandadantesuraian
TesPilihanGanda
Indikatorsoal:
o
Disajikanbeberapacontoh
orang dalammenghadapiperubahan socialpesertadidikdapatmengidentifikasi yang
termasukorang yang mudahmenerimaperubahan.
o
Disajikanbaganteoriperubahansosial,
pesertadidikdapatmenyimpulkanbaganteoriperubahansosialtersebut.
Butirsoal
1.
Berikutiniadalahcontoh orang-orang yang
mudahmenerimaperubahan:
1) Orang yang berpendidikantinggi
2) Orang-orang translasiberkepentingan
3)
Pengikutaliran sectarian
4)
Orang yang berkepentingan (vested interest)
Kelompok
yang menunjukkanmudahdalammenerimaperubahanadalah …
A.
1 dan 2
B. 1
dan 3
C. 1
dan 4
D. 2
dan 3
E. 2
dan 4
2.
Perhatikan gambar di bawah ini !
1
= Primitif
2
= Tradisional
3
= Modern
Gambar di atas
menunjukkan proses perubahan
social yang berlangsung , menurut
teori…
A.
Progres
B.
Siklus
C.
Linier
D.
Moderen
E.
Regres
Pedomanpenskoran:Untuk
50 soal total nilai 4
Jawabanbenar
: skor 0.08
Jawabansalah : skor 0
TesUraian
Indicator soal:
o
Pesertadidikdapatmengidentifikasifactor-faktorpenyebab
internal daneksternalperubahansosial.
o
Pesertadidikdapatmenjelaskanfactor yang
menghambatterjadinyaperubahansosial
Butirsoal:
1.
Perubahan sosial tidak terjadi
dengan sendirinya, tetapi dipengaruhi oleh factor penyebab yang datang dari
dalam (intern) masyarakat dan factor dari luar (ekstern) masyarakat. Jelaskan perkembangan sebuah kota modern
dikaitkan dengan faktor penyebab perubahan sosial di masyarakat!
2.
Jelaskan pendapatmu mengapa
prasangka terhadap hal-hal baru atau asing dan sikap yang tertutup dapat
menjadi factor penghambat terjadinya perubahan sosial!
Rambu
– rambujawabandanpedomanpenskoran:
Penilaiankompetensiketrampilan
Instrumenpenilaianpraktik
Petunjuk:
Tugas tes praktik ilmiah, dikerjakan berkelompok @ 4 orang membuat
slide PP Gambar-Gambar Perubahan Sosial :
a. Rubrik tes praktik
Lembar penilaian tugas
Catatan:
a.
Keterangan:
b.
Kolom perilaku diisi dengan angka yang sesuai dengan kriteria berikut.
1 = sangat kurang
2 = kurang
3 = sedang
4 = baik
5 = amat
baik
c.
Nilai merupakan jumlah dari skor-skor tiap indikator perilaku
d.
Keterangan diisi dengan kriteria berikut
1). Nilai 25 -30 berarti amat baik
2). Nilai 19-24
berarti baik
3). Nilai 13 -18 berarti sedang
4). Nilai
7 -12 berarti kurang
5).
Nilai 1 - 6 berarti sangat kurang
G .Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
1. Buatlah contoh perubahan sosial yang terjadi di lingkungan sekolah!
2. Kaitkan pembangunan mall di Kotamu dengan teori perubahan sosial
b.
Pengayaan
Kaitkan perkembangan
dan perubahan sosial di Indonesia dengan teori perubahan sosial!
H. Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
·
Media/Alat
: Gambar, PP, Video, LCD, Laptop
·
Bahan : Softcopy
·
Sumber
Belajar: Buku Sosiologi XII, internet
|
Bojonegoro, 27 Juli 2015
Mengetahui
Kepala SMA Negeri I Baureno
Guru Mata Pelajaran
Drs.H.MUHAMMAD
YUNUS, M.Pd Drs. SUPRIYANTO
Nip. 19580815 198403 1 015 NIP. 19670712 199802 1 002
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A.
Kompetensi
Inti (KI)
1.
Menghayatidanmengamalkanajaran
agama yang dianutnya
2.
Menghayatidanmengamalkanperilakujujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsifdan
pro-aktifdanmenunjukkansikapsebagaibagiandarisolusiatasberbagaipermasalahandalamberinteraksisecaraefektifdenganlingkungansosialdanalamsertadalammenempatkandirisebagaicerminanbangsadalampergaulandunia
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisisdanmengevaluasipengetahuanfaktual, konseptual,
prosedural, danmetakognitifberdasarkan rasa
ingintahunyatentangilmupengetahuan, teknologi, seni, budaya,
danhumanioradenganwawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
danperadabanterkaitpenyebabfenomenadankejadian, sertamenerapkanpengetahuanproseduralpadabidangkajian
yang spesifiksesuaidenganbakatdanminatnyauntukmemecahkanmasalah
4.
Mengolah, menalar, menyaji, dan
mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara
efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar
1.1 Membuka wawasan terhadap berbagai peradaban dunia
untuk memperkuat nilai keagamaan dan mendorong penghormatan terhadap
keragaman peradaban
2.1
Mengembangkankemampuanpenyesuaiandiriterhadapperubahansosial.
2.2 Menunjukkan rasa empati terhadap ketimpangan sosial di masyarakat
sekitar dan mendorong partisipasi dalam mengatasinya.
3.1 Menganalisisperubahansosialdanakibat yang
ditimbulkannyadalamkehidupanmasyarakat
4.1 Melakukan kajian, pengamatan dan diskusi dalam perubahan sosial
dan akibat yang ditimbulkannya
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi*)
1.1. 1. Meyakini segala bentuk perubahan sosial yang terjadi sebagai
anugrah Tuhan yang perlu kita syukuri
2.1.1.Mengembangkan sikap toleransi terhadap
perbedaan akibat adanya perubahan sosial
3.1.4. Menganalisis proses Perubahan Sosial dikaitkan dengan realitas
social
3.1.5.Menganalisa akibat perubahanan sosial di lingkungan sekolah, lingkungan keluarga,
dan lingkungan masyarakat
4.1.2.
Melakukan pengamatan, diskusi, dan melaporkan perubahanan social di
lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, dan
lingkungan masyarakat
4.1.2.Melakukan
diskusi perubahanan social di lingkungan sekolah, lingkungan keluarga,
dan lingkungan masyarakat
4.1.3. Melakukan pelaporan
hasil diskusiperubahanan social di lingkungan sekolah, lingkungan keluarga,
dan lingkungan masyarakat
D.
Materi
Pembelajaran
1. Proses PerubahanSosial
2. AkibatPerubahanSosial
E.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan Kelima: (4 JP X
45 M)
Pertemuan Keenam: ( 4 JP X
45 m)
F.
Penilaian,
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Teknik penilaian
1.
Penilaiankompetensisikap
2.
Penilaiankompetensiketrampilan
b.
Instrumenpenilaianpraktik
Pertemuankelimadankeenam
Petunjuk: Tugas tes praktik ilmiah, dikerjakan
berkelompok @ 4 orang membuat artikel dengan sistematika :
DAFTAR RUJUKAN
Catatan:
Masing-masing kelompok, dalam
memilih fakta tentang proses perubahan
sosial dan akibat perubahan sosial yang
diuraikan dengan merujuk salah satu
teorinya sehingga kajian sosial menjadi mendalam. Lengkapi dengan dokumen berupa
gambar, atau grafik, atau data lain
yang dapat memperjelas tulisan.
a.
Pertemuan KelimadanKeenam
Penilaian Praktik
Catatan:
Keterangan:
a.
Kolom perilaku diisi dengan angka yang sesuai
dengan kriteria berikut.
1 = sangat kurang
2 = kurang
3 = sedang
4 = baik
5 = amat baik
b.
Nilai merupakan jumlah dari skor-skor tiap
indikator perilaku
c.
Keterangan diisi dengan kriteria berikut
1). Nilai 25 -30 berarti amat baik
2). Nilai 19-24 berarti baik
3). Nilai 13 -18 berarti sedang
4). Nilai 7 -12 berarti kurang
5).
Nilai 1 - 6 berarti sangat kurang
E.
Media/alat,
Bahan, dan Sumber Belajar
·
Media/Alat
:
Gambar, PP, Video, LCD, Laptop
·
Bahan : Softcopy
· Sumber Belajar: Buku
Sosiologi XII, internet
CATATAN
:
Mengetahui
Dander, Juli 2015
Kepala SMA Negeri I Dander Guru Mata Pelajaran
Drs. H. MUHAMMAD YUNUS, M.Pd Ardin Mutia Pramesti, S.Sos
Nip. 19580815 198403 1 015 NIP. 19820529 200604 2 026
|
If you're attempting to burn fat then you absolutely have to jump on this brand new custom keto plan.
ReplyDeleteTo create this keto diet, licensed nutritionists, fitness couches, and professional chefs have united to provide keto meal plans that are effective, convenient, price-efficient, and delicious.
Since their grand opening in early 2019, 1000's of people have already remodeled their body and well-being with the benefits a good keto plan can provide.
Speaking of benefits: clicking this link, you'll discover 8 scientifically-proven ones offered by the keto plan.
Your Affiliate Money Making Machine is waiting -
ReplyDeletePlus, getting it set up is as simple as 1-2-3!
Follow the steps below to make money...
STEP 1. Input into the system which affiliate products you intend to promote
STEP 2. Add some PUSH BUTTON TRAFFIC (this LITERALLY takes 2 minutes)
STEP 3. See how the system grow your list and sell your affiliate products on it's own!
Do you want to start making money???
Click here to make money with the system