Oleh : Musyafa’, Fauzi, Amir & Kopler
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar belakang masalah
Seluruh umat islam mengetahui bahwa mata pelajaan pendidikan agama islam adalah sangat penting. Pendidikan agama islam ( pai) sebai suwatu disiplin ilmu, mempunyai karakteristik dan tujuan yang berbeda dari disiplin ilmu yang lain. Bahkan sangat mungkin berbeda sesuai dengan orientasi dari masing-masing lembaga yang menyelenggarakannya.
Pusat kurikulum Depdiknas ( 2003:4) memgemukakan bahwa pendidikan agama islam di Indonesia adalah bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan keimanan peserta didik melalui pemberian dan pemupukan pengetahuan, penghayatan dan pengamalan serta pengalaman peserta didik tengtang agama islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang dalam hal keimanan, ketaqwaannya kepada allah swt. Serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat berbangsa dan bernegara.
B. Rumusan Masalah
1. bagaimana karakteristik metode resitasi ?
2. sebutkan langkah-langkah metode resitasi ?
3. sebutkan kelemahan dan kelebihan metode resitasi ?
C. Tujuan Pendidikan Dan Pengajaran Agama Islam
Pendidikan agama islam memiliki beberapa tujuan diantaranya:
- Berorientasi kepada tugas manusia sebagai kholifah fil ardhi
- Berorientasi kepada kemampuan manusia dalam menerima ajaran islam secara kaffah sebagai ‘abd
- Berorintasi kepada pengembangan intel ligence otakpeserta didik
BAB II
PEMBAHASAN
A. Karakteristik Metode Resitasi
Metode pemberian tugas merupakan metode pembelejaran yang mnekankan pada pemberian tugas oleh guru kepada anak didik untuk menyelesaikan sejumlah kecakapan, keterampilan tertentu.
Selanjutnya hasil menyelsaian tugas tersebut di pertanggung jawabkan kepada guru. Dalam pelaksanaannya anak didik tidak hanya dapat menyelesaiakn di rumrh akan tetapi juga dapat menyelesaikan di perpustakaan, laboratorium, ruang-ruang praktekum dll.
Metode resitasi( pemberian tugas, di samping merangsang siswa untuk aktif belajar, baik secara individual maupun kelompok, juga menamkan tanggung jawab. Oleh sebab itu tugas dapat di berikan secara invidu maupun secara kelompok.
Dalam pembelajaran agama islam, metode resitasi bias digunakan untuk berbagai materi yang terkait erat dengan aspek knowlage, aspek afeksi dan psikomotor. Materi-materi yang bias di ajarkan dengan metode resitasi ini misalnya materi tentang sejarah islsm, syarat dan rukun sholat.
B. Langkah-Langkah Metode Resitasi
Untuk memaksimalkan penggunaan metode resitasi (pemberian tugas) ada beberapa langkah yang perlu di perhatikan yakni:
1. Guru memberikan tugas kepada siswa .
2. Pada waktu siswa melaksanakan tugasnya,guru hendaknya memberikan bimbingan dan pengawasan penuh.
3. Guru meminta laporan tugas dari siswa,baik secara tulisan maupun dalam bentuk lisan.
C. Kelemahan Dan Kelebihan Metode Resitasi
Ada beberapa kelemahan dalam metode resitasi antara lain:
a. Guru tidak mengetahui siapa yang mengerjakan tugas tersebut.
b. Siswa sulit memahami tugas dari materi tersebut.
c. Guru tidak mengetahui tingkat kecerdasan peserta didik.
Selain mempunyai kelemahan,metode resitasi juga mempunyai kelebihan antara lain:
a. Mendidik anak supaya aktif belajar.
b. Menanamkan rasa tanggung jawab terhadap peserta didik.
c. Menghemat tenaga guru dalam mendidik.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari beberapa penjabaran di atas kami pemakalah dapat menyimpulkan:
1. metode pemberian tugas merupakan metode pembelejaran yang mnekankan pada pemberian tugas oleh guru kepada anak didik untuk menyelesaikan sejumlah kecakapan, keterampilan tertentu.
2. Untuk memaksimalkan penggunaan metode resitasi (pemberian tugas) ada beberapa langkah yang perlu di perhatikan yakni:
a. Guru memberikan tugas kepada siswa .
b. Pada waktu siswa melaksanakan tugasnya,guru hendaknya memberikan bimbingan dan pengawasan penuh.
c. Guru meminta laporan tugas dari siswa,baik secara tulisan maupun dalam bentuk lisan.
d. Metode resitasi mempunyai kelebihan dan kelemahan.
B. Saran Dan Kritik
Alhamdulillah tiada harapan dan upaya sedikitpun dari kami klecuali makalah ini dapat bermanfa’at bagi segenap pembaca, dan dapat menambah sedikit banyak mengenai studi Islam.
Di balik itu semua maka dengan segala kemampuan yang penulis miliki tentunya masih banyak kekurangan dan kesalahan dalam makalah ini. Sudilah kiranya memberi teguran dan pembenaran kontruktif bagi kami, terutama dari teman-teman mahasiswa dan bapak dosen pengampu hususnya, dan sebelumnya kami ucapkan banyak terima kasih.
DAFTAR PUSTAKA
Nasih, Ahmad Munjin.2009. Metode Dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung : Refika Aditama
No comments:
Post a Comment