Rabu, 05 Mei 2010

KOMPONEN- KOMPONEN SILABUS

Pengembangan silabus harus dilakukan dengan cara sistematis dan mencakup komponen-komponen yang saling berkaitan, karena silbus merupakan rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran dengan tema tertentu. Unruk mencapai kompetensi dasar yang telah di tetapkah, sedikitnya terdapat tujuh komponen utama silabus yang poerlu di fahami dalm menyukseskan implementasi KTSP. Ketujuh komponen tersebut adalah sebagai berikut:

Ø Standar Kompetensi adalah kualifikasi kemampuan miimal peserta didik yang menggambatkan kekuasaan sikap pengetahuan dan ketrampilan yang diharapkan dan sicapai tiap tingkatan dan semester untuk kelompok pelajaran tertentu.

Ø Kompetensi dasar adalah sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalm pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusunan indicator kompetensi.

Ø Materi Pelajaran adalah pencapaian kompetensi dasar dengan menghubungkan potensi peserta didik, releavansi dengan karakteristik., daerah, tingkat pengembangan fisik, intelektual, emosional, social, spriritual pendidikan, kebermanfaatan bagi peserta didik, struktur keilmuan: Aktualisasi, kedalaman dan kekuasaan meteri pembelajaran, relevansi dengan kebutuhab peserta didikdan tuntunan lingkungan dan alokasi waktu.

Ø Kegiatan Pembelajaran adalah pencapaian kompetesnsi dasar yang dirancang untuk memberikan pengalaman yang melibatkan proses mental dan fisik melalui interaksi antara peserta didik dengan guru, lingkungan dan sumber belajar lainnya.

Ø Indikator adalah prilaku yang dapat diukur dan atau observasi untuk menunjukkan ketercapaaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran.

Ø Penilaian adalah pencapaian kompetensi dasar peserta didik dilakukan berdasarkan indicator.

Ø Alokasi Waktu adalah waktu pembelajaran efektif atau jumlah jam setiap minggu, meliputi jumlah jam pembelajaran untuk semua mata pembelajaran termasuk muatan local, ditambah jumlah jam untuk kegiatan.

Ø Sumber Bahan Atau Alat adalah kegiatan pembelajaran yang berupa media cetak dan elektronik, narasumer serta lingkungan fisik, alam social dan budaya

0 komentar:

Poskan Komentar