Oleh : Aziz & Fida
BAB I
PENAHULUAN
A. Latar Belakang
Walaupun dianggap sebagai bahasa asing oleh bangsa Indonesia, bahasa arab tidak asing di telinga mereka, terutama umat islam. Maka untuk mewujutkan proses pembelajaran bahasa arab yang sempurna, kita dituntut untuk menguasai 4 metode yang diantaranya adalah speaking skill/ maharah al kalam.
Ini semua dimaksudkan agar para pelajar mampu berkomunikasi menggunakan lisan dengan baik dan wajar dengan bahasa yang mereka pelajari. Adapun yang dimaksud dengan baik dan wajar adalah menyampaikan pesan kepada orang lain dalam cara yang secara sosial dapat diterima.
B. Rumusan Masalah
a. Aktivitas maharah al kalam
b. Teknik latihan prakomunikatif beserta metodenya
c. Teknik latihan komunikatif beserta metodenya
C. Manfaat Makalah
a. Dapat melatih anak didik lancar berbicara bahasa arab dengan baik dan benar
b. Untuk mencapai kepandaian berkomunikasi
BAB II
PEMBAHASAN
A. Aktifitas Maharah Al Kalam
Keterampilan berbicara (maharah al kalam / speaking skill) adakah kemampuan mengungkapkan bunyi-bunyi artikulasi atau kata-kata untuk mengespresikan pikiran berupa ide,pendapat,ke inginan,atau perasaan kepada mitra bicara. secara umum keterampilan berbicara betujuan agar para pelajar mampu bekomonikasi lisan secara baik dan wajar dengan bahasa yang mereka pelajari.
Dalam mencapai kepandaian berkomunikasi diperlukan aktivitas-aktivitas, yakni:
1. latihan prakomunikatif
latihan ini keterlibatan guru lebih banyak dari pada murid
2. latihan komunikatif
latihan yang lebih mengandalkan kreativitas para pelajar
B. Teknik Latihan Prakomunikatif
Latihan pra komunikatif tidak berarti bahwa latihan-latihan yang dilakukan belum komunikatif, tetapi dimaksudkan membekali para pelajar kemampuan-kemampuan dasar dalam berbicara yang sangat diperlukan ketika terjun di lapangan, seperti latihan penerapan pola dialog, kosa kata, kaidah, mimik muka, dan sebagainya. Pada tahap ini, keterlibatan guru dalam latihan cukup banyak, karena tentu saja setiap unsur kemampuan yang diajarkan perlu diberi contoh.
Ada beberapa teknik yang mungkin dilakukan dalam latihan pra komunikatif, antara lain
1. Dialog ( al hiwar)
2. Praktek pola
3. Karangan lisan
Adapun untuk dialog, bisa menggunakan teknik berikut:
a. Hafalan dialog
Teknik ini merupakan latihan meniru dan menghafalkan dialog-dialog mengenai berbagai macam situasi dan kesempatan.
b. Dialog melalui gambar
Teknik ini diberikan agar para pelajar dapat memahami fakta melalui gambar yang diungkapkan secara lisan sesuai tingkatan mereka.
c. Dialog terpimpin
Teknik ini diberikan agar para pelajar mampu melengkapi pembicaraan sesuai dengan situasi tertentu yang di latihkan.
d. Dramatisasi tinadakan
Teknik ini diberikan agar para pelajar dapat mengungkapkan suatu aktivitas secara lisan.
C. Teknik Praktek Pola
Teknik ini terdiri dari pengungkapan pola-pola kalimat yang harus diulang-ulang secara lisan dalam bentuk tertentu sebagaimana tang diperintahkan. Dengan kata lain, praktek pola adalah bentuk latihan praktek penyempurnaan kalimat tertentu yang didahului oleh soal-soal yang tidak lengkap, acak, atau penambahan yang sudah lengkap.
Yang termasuk praktek pola adalah :
a. Penambahan ( al tazyid )
b. Penyisipan ( al takhlil )
c. Substitusi ( al tabdil )
d. Integrasi ( al tadmij )
e. Menyusun ( al tartib )
f. Melengkapi kalimat ( takmil al jumlah )
Teknik karangan lisan bisa menggunkan metode muhadatsah.
D. Teknik Latihan Komunikatif
Latihan komunikatif adalah latihan yang lebih mengandalkan kreativitas para pelajar dalam melakukan latihan. Pada tahap ini keterlibatan guru secara langsung mulai dikurangi untuk memberi kesempatan kepada merega agar bisa mengembangkan kemampuan mereka. Para pelajar pada tahap ini ditekankan untuk lebih banyak berbicara dari pada guru. Sedangkan penyajian latihan diberikan secara bertahap, dan dianjurkan agar materi latihan dipilih sesuai dengan kondisi kelas.
Adapun metode yang dapat digunakan dalam latihan komunikatif adalah:
a. Percakapan kelompok
b. Bermain peran
c. Praktek ungkapan sosial
d. Praktek lapangan
e. Problem solving
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Keterampilan berbicara (maharah al kalam / speaking skill) adakah kemampuan mengungkapkan bunyi-bunyi artikulasi atau kata-kata untuk mengespresikan pikiran berupa ide,pendapat,ke inginan,atau perasaan kepada mitra bicara.
Dalam mencapai kepandaian berkomunikasi diperlukan aktivitas-aktivitas, yakni:
1. latihan prakomunikatif
latihan ini keterlibatan guru lebih banyak dari pada murid
2. latihan komunikatif
latihan yang lebih mengandalkan kreativitas para pelajar
Ada beberapa teknik yang mungkin dilakukan dalam latihan pra komunikatif, antara lain
1. Dialog ( al hiwar)
2. Praktek pola
3. Karangan lisan
Adapun untuk dialog, bisa menggunakan teknik berikut:
a. Hafalan dialog
Teknik ini merupakan latihan meniru dan menghafalkan dialog-dialog mengenai berbagai macam situasi dan kesempatan.
b. Dialog melalui gambar
Teknik ini diberikan agar para pelajar dapat memahami fakta melalui gambar yang diungkapkan secara lisan sesuai tingkatan mereka.
c. Dialog terpimpin
Teknik ini diberikan agar para pelajar mampu melengkapi pembicaraan sesuai dengan situasi tertentu yang di latihkan.
d. Dramatisasi tinadakan
Teknik ini diberikan agar para pelajar dapat mengungkapkan suatu aktivitas secara lisan.
@ Teknik praktek pola
Teknik ini terdiri dari pengungkapan pola-pola kalimat yang harus diulang-ulang secara lisan dalam bentuk tertentu sebagaimana tang diperintahkan. Dengan kata lain, praktek pola adalah bentuk latihan praktek penyempurnaan kalimat tertentu yang didahului oleh soal-soal yang tidak lengkap, acak, atau penambahan yang sudah lengkap.
Yang termasuk praktek pola adalah :
a. Penambahan ( al tazyid )
b. Penyisipan ( al takhlil )
c. Substitusi ( al tabdil )
d. Integrasi ( al tadmij )
e. Menyusun ( al tartib )
f. Melengkapi kalimat ( takmil al jumlah )
teknik karangan lisan bisa menggunkan metode muhadatsah
Adapun metode yang dapat digunakan dalam latihan komunikatif adalah:
a. Percakapan kelompok
b. Bermain peran
c. Praktek ungkapan sosial
d. Praktek lapangan
e. Problem solving
DAFTAR PUSTAKA
Alwasilah, Chaidar. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya
Assalamualaikum
ReplyDeleteJual Buku-buku pendidikan bahasa untuk skripsi, tesis, disertasi
Katalog cek disini
http://lughotudhod.blogspot.co.id/2014/05/tempat-referensi-buku-buku-pendidikan.html
Syukron