Minggu, 10 April 2011

Unsur Komunikasi

BAB I

PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

Komunikasi dlam masyarakat sangatlah erat hubungannya dalam dampak kesejahteraan membangun hubungan baik antar individu, dimulai dari masyarakat terkecil yakni keluarga sampai pada hubungan Internasional yang mana melibatkan person –person dengan jumlh yang sngat besar.

Baik dan buruknya kondisi antar individu, social, masyarakat, bahkan antar Negara adalah tergantung bgaimana komunikasi antar obyek yang bersaangkutan. Jika komunikasi terjalin dengan baikmka kemungkinan menapat peluang besar menuju kesuksesan akan besar pula.

Oleh sebab pentingnya sebuah komunikasi, maka disini pemakalah akan memaparkan beberapa poin yang berhubungan dengan dasar- dasar komunikasi. Semog dengan prinsip- prinsip tersebut dapat membantu sesame untuk menuju jalan komunikasi yang baik sehingga menghsilkan dampak yang baik pula

1.2. Rumusan Masalah

1. Apasajakah unsure konmuniksi itu?

2. Bagaimna saluran komuniksi dan media komunikasi berperan dalam menyampaikan pesan?

3. Bagaimana efek komuniksi dan umpan baliknya

BAB II

PEMBAHASAN

2.1. Unsur Komunikasi

Komunikasi sebgainmana yang telah diterangkan pada pembahasan yang teradahulu, maka disimpulkan bahw sedikitnya terdapt tiga unsur untuk mencpai sebuah komunikasi yang baik, diantranya ialah:

a) Pengirim pesan( kounikator): manusia yang berakal yang berinisitif menyampaikan pesan untuk mewujudkan pesan komunikasinya.

Dilihat dari jumlahnya, komunikator dapat terdiri dari stu orang, banyak orang( lebih dari satu orang) dan massa

Þ Apabila lebih dari satu orang, yakni banyak orng yang saling kenal dan memiliki ikatan emosioanal maka kita sebut dengan kelompok kecil

Þ Apabila lebih dari satu orang, yakni banyak orang dan tidak saling mengenal sehingga tidak memiliki ikatan emosional, maka kita sebut dengan kelompok besar

Þ Apabila lebih dari satu orang seperti diatas, memiliki tujuan yang sama, dan memiliki pembagian kerja guna mencapai tujuannya, mka kumpuln tersebut dinamakan organisasi

Þ Kumpulan organisasi seperti diatas juga bisa disebut dengan massa. Namun massa juga memiliki pengertian: banyak orang yang tersebar dalam area geogrfis yang sama[1]. Untuk berkomunikasi mereka dapat menggunakan media massa dalm menyampaikan pesan – pesan yang akan disampaikan

b) Penerima pesan(Komunikan): Dalam konteks komunikasi massa, komunikan lazim disebut dengn khalayak. Jika dalam komunikasi pemasaran disebut dengan target pasar atau target konsumen. Dalam komuikan pembagiannya adalah sma dengan pembagian komunikasi.

c) Pesan: segala sesuatu, verbal atu nonverbal yang disampaikan komuniktor pada komunikan untuk mewujudkan motif komunikasinya. Komunikasi nonverbal disini adalah komunikasi yang lazim dengan mengunakan suara, mimic, dan gerak –gerik. Sedangkan verbal adalah pesan yang menggunakan bahasa lisan dan tulisan.

2.2. Saluran Komunikasi Dan Media Komunikasi

Saluran komunikasi: adalah jalan yang dilalui oleh pesan komunikator agar sampai pada komunikannya.

Media komunikasi, merupakan bentuk jamak dari kata medium. Medium komunikasi diartikan sebagai alat perantara yang sengaja dipilih oleh komunikator untuk mengantarkan pesannya agar sampa paa komunikan.

Jadi, unsur utama dari media komunikasi adalah: pemilihan dan penggunaan alat perantara yang dilakukan dengan sengaja.

Saluran komunikasi atau jalan yang dilalui seseorang dalam berkomunikasi ada dua macam:

a) Dengan menggunakan media: (TV,Radio, dll). Dalam komunikasi yang menggunakan media, dilihat dari jumlah tarjetnya dapat dibedakan atas media massa dan nonmedia massa. Media massa disini misalnya adalah TV dan Radio, disana dapat dibedakan atas media periodic(terbit secara teratur) dan nonperiodik(terbit menurut event).

Sedangkan nonmedia massa dilihat dari sifatnya ada nonmedia massa manusia(seperti kurir pembawa pesan) dan nonmedia massa benda. Jika berupa benda elektronik contohnya adalah telepon dan facsimile. Jika berupa benda nonelektronik contohnya adalah surat.

b) Tanpa menggunakan media, yang berlangsung face-to-face, dalam komunikasi tersebut jalan yang dilalui oleh suatu pesan adalah gelombang cahaya dan gelombang suara. Sedangkan gelombang cahaya atau suara tidak dapat diartikan sebagai media komunikasi , karena tidak ada unsure kesengajaan yang dilakukan oleh komunikator memilih gelombang tersebut dalam melakukan komnikasi.

2.3. Efek Komunikasi

Efek komunikasi diartikan sebagai pengaruh yang ditimbulkan pesan komunikator dalam diri komunikannya. Terdapat tiga pengaruh dalam diri komunikan, yaitu kognitif(seseorang menjadi tahu tentang sesuatu), afektif(sikap seseorang terbentuk, misalnya setuju atau tidak setuju terhadap sesuatu), dan konatif( tingkah laku, yang membuat seseorang bertindak melakukan sesuatu).

2.4. Umpan Balik

Umpan balik dapt kita maknai sebagai jawaban komunikan atas pesan komunikator yang disampaikan kepadanya. Dalam komunikasi yang dinamis, sebagaimana diutarakan, komunikator dan komunikan terus menerus saling bertukar pesan. Karenanya, umpan balik pada dasarnya dalah pesan juga, ykni ketik komunikan berperan sebagai komunikator kedua.

BAB III

PENUTUP

3.1. Kesimpulan

Dalam komunikasi sedikitnya terdapat tiga unsur agar tercapai komunikasi yang ideal, yakni komikator, komunikan, dan pesan.

Saluran komunikasi dan media komunikasi adalah sesuatu yang dapat membantu antara komunikator dan komunikan dalam menyampaikan pesannya, baik secara elektronik atai nonelektronik.

Efek Komunikasi adalah sebuah respon yang dilakukan oleh penerima pesan setelah menerima pesan dari komunikator.

Umpan balik adalah jawaban yang diberikan oleh komunikan kepada komunikator.

3.2. Kritik dan Saran

Kritik dan saran pembaca sangat kami harapkan guna membantu pemakalah dalam menghasilkan karya yang lebih baik.

DAFTAR PUSTAKA

Daryanto, Ilmu Komunikasi.Bandung PT.SARANA TUTORIAL NURANI SEJAHTERA. 2011



[1] Perbedaan dengan massa organisasi adalah dari tempatnya. Jika komunikasi terjadi dalam satu tempat maka dinamaakan massa dalam arti organisasi, sedngkan jik tiak dlam satu tempat dinamakan massa dalam arti yang kedua.

0 komentar:

Poskan Komentar