TEKS

SELAMAT DATANG DAN JANGAN LUPA ISI BUKU TAMU & KOMENTAR YA.....

Monday, January 6, 2020

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (SOSIOLOGI-Perubahan Sosial di Masyarakat)




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 

Sekolah                     :
SMANegeri 1 Dander
Mata pelajaran        :
SOSIOLOGI
Kelas/Semester       :
XII/Ganjil
Alokasi Waktu         :
4 Pertemuan x 4 Jam Pelajaran (16 jam pelajaran)
Materi Pokok           :
Perubahan Sosial di Masyarakat

A.      Kompetensi Inti (KI)

1.       Menghayatidanmengamalkanajaran agama yang dianutnya
2.       Menghayatidanmengamalkanperilakujujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsifdan pro-aktifdanmenunjukkansikapsebagaibagiandarisolusiatasberbagaipermasalahandalamberinteraksisecaraefektifdenganlingkungansosialdanalamsertadalammenempatkandirisebagaicerminanbangsadalampergaulandunia
3.       Memahami, menerapkan, menganalisisdan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan  wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.       Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan


B.      Kompetensi Dasar
1.1.    Membuka wawasan terhadap berbagai peradaban dunia untuk memperkuat nilai   keagamaan dan mendorong penghormatan terhadap keragaman peradaban
2.1.   Mengembangkankemampuanpenyesuaiandiriterhadapperubahansosial.
2.2. Menunjukkan rasa empati terhadap ketimpangan sosial di masyarakat sekitar dan mendorong partisipasi dalam mengatasinya.
3.1.   Menganalisisperubahansosialdanakibat yang ditimbulkannyadalam kehidupan masyarakat
4.1. Melakukan kajian, pengamatan dan diskusi dalam perubahan sosial dan akibat yang ditimbulkannya

C.      Indikator Pencapaian Kompetensi*)
1.1.1.        Meyakini segala bentuk perubahan sosial yang terjadi sebagai anugrah Tuhan yang perlu kita syukuri
2.1.1.        Mengembangkan sikap toleransi terhadap perbedaan akibat adanya perubahan sosial
3.1.1.        Mengidentifikasi perubahan social di lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, dan lingkungan masyarakat
3.1.2.        Menganalisis faktor-faktor penyebab, pendorong dan penghambat Perubahan Sosial dikaitkan dengan realitas sosial
3.1.3.    Menganalisis kesesuaian teori Perubahan Sosial dengan realitas sosial
4.1.1.        Melakukan pengamatan perubahanan social di lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, dan  lingkungan masyarakat
4.1.2.   Melakukan diskusi perubahanan social di lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, dan  lingkungan masyarakat
4.1.3.    Melakukan pelaporan hasil diskusi perubahanan social di lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, dan  lingkungan masyarakat

D.      Materi Pembelajaran
1.          Konsep perubahan sosial
2.          Faktor-faktor perubahan sosial
3.          Teori – teori perubahan sosial


E.       Kegiatan Pembelajaran
1.       Pertemuan Pertama: (4 JP X 45 m)
Langkah Pembelajaran
Sintak Model Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan















1.    Stimulasi



2.    Problem statemen





3.    Pengumpulan data


4.    Pengolahan data
5.    Pembuktian


6.    Penarikan kesimpulan


Pendahuluan:
  1. Berdoa
  2. Apersepsi dan memotivasi peserta didik untuk menyiapkan diri sebagai siswa SMA/MA Kelas XII
  3. Menyampaikankompetensi dasar danindikator pencapaian kompeten
d.      Menyampaikan kegiatan yang akan dilakukan selama pembelajaran


·     Siswa mengamati perubahan sosial di lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, dan lingkungan masyarakat melalui tayangan  video yang menunjukkan adanya perubahan sosial.

·      Dari tayangan  tersebut guru memberikan stimulus yang memunculkan pertanyaan siswa  tentang:

1.       Mengapa permainan tradisional sekarang jarang dimainkan anak-anak?
2.       Bagaimana hubungan sosial antar anak sekarang setelah ada permainan modern datang?

·      Siswa menggali informasi tentang perubahan sosial nilai-nilai yang terkandung dalam  permainan tradisional dan modern dari berbagai sumber belajar, buku referensi dan internet


·      Siswa diberi lembar aktivitas dan menalar, mengolah informasi melalui diskusi kelompok.

·      Siswa mengkomunikasikan hasil diskusi melalui presentasi kelas dan secara tertulis dalam  bentuk laporan

·     Membuat penyempurnaan hasil kerja kelompok berdasarkan masukan dari kelompok lain


20 menit
Kegiatan Inti **)


140 menit
Kegiatan Penutup
a.   Bersama guru  peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran
b.   Guru menyampaikan pertanyaan secara acak untuk mengetahui ketercapaian tujuan
c.    Guru meminta salah satu siswa/relawan untuk menyampaikan refleksi.
d.   Guru memberi kertas untuk menulis apa saja yang sudah dan belum dipahami pada pertemuan ini.
e.   Guru menguatkan: peserta didik untuk mencari contoh-contoh perubahan sosial di lingkungan keluarga, sekolah dan di masyarakat sebagai tugas rumah
f.    Guru memberikan apresiasi pada siswa/kelompok  yang aktif dalam pembelajaran
g.   Berdoa bersama
20 menit





2.       Pertemuan Kedua: (4 jp x 45 m)
Langkah Pembelajaran
Sintak Model Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan



















1.       Stimulasi


2.    Problem statemen





3.    Pengumpulan data


4.    Pengolahan data





5.    Pembuktian


6.    Penarikan kesimpulan


Pendahuluan:
a.       Berdoa
b.      Memotivasi peserta didik untuk menyiapkan diri sebagai siswa SMA/MA Kelas XII
c.       Menjelaskan kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi
d.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan materi sebelumnya
e.      Menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan selama pembelajaran

·      Siswa mengamati perubahan sosial di lingkungan sekolah, melalui gambar sarana prasarana yang menunjukkan adanya perubahan sosial

·     Dari tayangan  tersebut guru memberikan stimulus yang memunculkan pertanyaan siswa  tentang Apa gambar tersebut?
1.       Adakah sarana tersebut di sekolah?
2.       Apa fungsi dari sarana tersebut?
Selanjutnya guru memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk mencoba menjawab.


·      Siswa menggali informasi tentang perubahan sosial  yang terkandung dalam sarana  yang digunakan di sekolah dari berbagai sumber belajar, buku referensi dan internet


·  Siswa diber ilembar aktivitas dan menalar, mengolah informasi tentang perubahan sosial  yang terkandung dalam sarana  yang digunakan di sekolah melalui diskusi kelompok.
Siswa menemutunjukkanperubahansosial yang ada di lingkungankeluargadanlingkunganmasyarakat.



·      Siswa mengkomunikasikan hasil diskusi melalui presentasi kelas dan secara tertulis dalam  bentuk laporan

·     Membuat penyempurnaan hasil kerja kelompok berdasarkan masukan dari kelompok lain


20 menit
Kegiatan Inti **)


140 menit
Kegiatan Penutup
a.   Bersama guru  peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran
b.   Guru menyampaikan pertanyaan secara acak untuk mengetahui ketercapaian tujuan
c.    Guru meminta salah satu siswa/relawan untuk menyampaikan refleksi.
d.   Guru menyampaikan tindak lanjut: peserta didik diminta untuk menganalisisi contoh-contoh perubahan sosial di lingkungan keluarga, sekolah dan di masyarakat sebagai tugas rumah.
e.   Berdoa bersama
20 menit


Pertemuanketiga (4 jp x 45 m)
Langkah Pembelajaran
Sintak Model Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan



















1.       Stimulasi




2.    Problem statemen






3.    Pengumpulan data


4.    Pengolahan data



5.    Pembuktian



6.    Penarikan kesimpulan


Pendahuluan:
a.   Berdoa
b.   Memotivasi peserta didik untuk menyiapkan diri sebagai siswa SMA/MA Kelas XII
c.    Menjelaskan kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi
d.   Melakukan apersepsi dengan mengaitkan materi sebelumnya
e.   Menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan selama pembelajaran


Siswamengamatiperubahan sosial di lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, dan lingkungan masyarakat melalui tayangan  video yang menunjukkan adanya faktor-faktor  perubahan sosial

Dari tayangantersebut guru memberikan stimulus yang memunculkanpertanyaansiswatentang:
1.       Apa yang dapat menjadi penyebab perubahan sosial?
2.       Apa yang menjadi faktor pendorong adanya perubahan sosial?
3.       Apa yang menjadi faktor penghambat adanya perubahan sosial ?
Selanjutnya guru memberikankesempatankepadasiswa lain untukmencobamenjawab


Berdasarkantayangan video, siswamenggaliinformasitentang  factor-faktorpenyebab, pendorongdanpenghambatperubahansosialdariberbagaisumberbelajar, bukureferensidan internet .

Siswadiberilembarkerjauntukmenemukan factor penyebab,  pendorongdanpenghambatperubahansosial, berdasarkancontohperubahansosialpadapertemuankedua.
Selanjutnyasiswamenganalisis, mengolahinformasimelaluidiskusikelompok .

Siswamengkomunikasikanhasildiskusimelaluipresentasikelasdansecaratertulisdalambentuklaporan


Membuat penyempurnaan hasil kerja kelompok berdasarkan masukan dari kelompok lain


20 menit
Kegiatan Inti **)


140 menit
Kegiatan Penutup
a.   Bersama guru  peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran
b.   Guru menyampaikan pertanyaan secara acak untuk mengetahui ketercapaian tujuan
c.    Guru meminta salah satu siswa/relawan untuk menyampaikan refleksi.
d.   Guru menyampaikan tindak lanjut: peserta didik diminta untuk menganalisisi faktor-faktorperubahan sosial dari contoh-contoh perubahan sosial di lingkungan keluarga, sekolah dan di masyarakat sebagai tugas rumah.
e.   Berdoa bersama
20 menit


Pertemuankeempat  (4 jp x 45 m)
Langkah Pembelajaran
Sintak Model Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan





















1.       Stimulasi





2.    Problem statemen






3.    Pengumpulan data

4.    Pengolahan data



5.    Pembuktian



6.    Penarikan kesimpulan


Pendahuluan:
a.   Berdoa
b.   Memotivasi peserta didik untuk menyiapkan diri sebagai siswa SMA/MA Kelas XII
c.    Menjelaskan kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi
d.   Melakukan apersepsi dengan mengaitkan materi sebelumnya
e.   Menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan selama pembelajaran




Siswamengamatitayangan  video tentang profil perkembangan kota Surabaya  dan slide yang menunjukkan adanya filosofi orang Jawa, isi ceramah agama tentang 3 M (mulai dari diri sendiri, mulai dari hal yang kecil, dan mulai dari sekarang).




Dari tayangantersebut guru memberikan stimulus yang memunculkanpertanyaansiswatentang:
1.       Apa saja  perkembangan yang terjadi di Surabaya ?
2.       Bagaimana perkembangan kota dapat berjalan cepat?
Selanjutnya guru memberikankesempatankepadasiswalainuntukmencobamenjawab.

Berdasarkantayangan video, siswamenggaliinformasitentangteori-teoriperubahansosialdariberbagaisumberbelajar.


Siswadiberilembarkerjauntukmenganalisisketerkaitanteoripeubahansosialdengancontohrealitassosial yang terjadi di lingkungansekolah, keluargadanmasyarakatmelaluidiskusikelompok..


Siswamengkomunikasikanhasildiskusimelaluipresentasikelasdansecaratertulisdalambentuklaporan




Membuat penyempurnaan hasil kerja kelompok berdasarkan masukan dari kelompok lain



20 menit
Kegiatan Inti **)


140 menit
Kegiatan Penutup
a.   Bersama guru  peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran
b.   Guru menyampaikan pertanyaan secara acak untuk mengetahui ketercapaian tujuan
c.    Guru meminta salah satu siswa/relawan untuk menyampaikan refleksi.
d.   Guru menyampaikan tindak lanjut: peserta didik diminta untuk mengaitkanteori perubahan sosial dari contoh-contoh perubahan sosial di lingkungan keluarga, sekolah dan di masyarakat sebagai tugas rumah.
e.   Berdoa bersama
20 menit


F.       Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.Teknik penilaian :
a.       Penilaian kompetensi sikap: lembar pengamatan/observasi
b.      Penilaian kompetensi pengetahuan: tes tulis pilihan ganda dan uraian
c.       Penilaian kompetensi ketrampilan : rubrik praktik membuat slide PPt tentang gambar-gambar perubahan sosial
2. Instrumen penilaian
a. Pertemuan Pertama, kedua, ketiga
Penilaiankompetensisikap: Lembarpengamatan/observasi
Instrumen:        
Lembarpengamatandiskusi
No
NamaSiswa
Kerjasama
Rasa ingintahu
Santun
komunukatif
1
DJoko




2
Ermila




3
Siti M




                                            
Cara pengisianlembarpenilaiansikapadalahdenganmemberikan skor pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan terhadap peserta didik selama kegiatanyaitu:.
Kolom Aspek perilaku diisi dengan angka yang sesuai dengan kriteria berikut :
3   :sangatbaik
3 : baik
2 : cukup
1 : kurang

Lembar Penilaian  Kegiatan Diskusi
Mata Pelajaran                 :               Sosiologi
Kelas/Semester                :               XII / 1
Topik/Subtopik :               PerubahanSosial
Indikator              :
No
Nama Siswa
Kerja sama
Rasa ingin tahu

Santun


Komunikatif

1.
Djoko




2.
Ermila




3.
Siti




.

Cara pengisianlembarpenilaiansikapadalahdenganmemberikan skor pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan terhadap peserta didik selama kegiatanyaitu:.
Kolom Aspek perilaku diisi dengan angka yang sesuai dengan kriteria berikut.
4 = sangat baik
3 = baik
2 = cukup
1 = kurang

Nilai   masing-masing perilaku yang diperoleh dari penilaian  kompetensi  sikap  melalui  observasi  ini  akan digabungkan secara keseluruhan dalam kurun waktu pelaporan hasil belajar ( pada tengah semester atau   pada akhir semester)  untuk menentukan modusnya
Instrumen: Penilaian Sikap melaluiJurnal
Petunjukpengisianjurnal (diisioleh guru):
  • Tulislahidentitaspesertadidik yang diamati, tanggalpengamatan dan  aspek yang diamatiolehguru.
  • Tuliskankejadian-kejadian yang dialamiolehPesertadidikbaik yang merupakankekuatanmaupunkelemahanPesertadidiksesuaidenganpengamatanguruterkaitdenganKompetensi Inti.
  • Simpanlahkartutersebut di dalam folder masing-masingPesertadidik

Aspek yang diamati             : ………………………….
Kejadian                                 : ………………………….
Tanggal                                : ………………………….
NamaPesertaDidik             : ………………………….
NomorpesertaDidik           : ………………………….

 CatatanPengamatanGuru:
...................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Instrument jurnal model lain:

Aspek yang diamati             : ………………………….
Kejadian                                 : ………………………….
Tanggal                                : ………………………….
NamaPesertaDidik             : ………………………….
NomorpesertaDidik           : ………………………….
No
Hari/tglperistiwa
Uraianperistiwa
Tindaklanjut













c.       Pertemuankeempat
Instrumenpenilaianpengetahuan : testulispilihangandadantesuraian
TesPilihanGanda
Indikatorsoal:
o   Disajikanbeberapacontoh orang dalammenghadapiperubahan socialpesertadidikdapatmengidentifikasi yang termasukorang yang mudahmenerimaperubahan.
o   Disajikanbaganteoriperubahansosial, pesertadidikdapatmenyimpulkanbaganteoriperubahansosialtersebut.

Butirsoal                                
1.       Berikutiniadalahcontoh orang-orang yang mudahmenerimaperubahan:
1)      Orang yang berpendidikantinggi
2)      Orang-orang translasiberkepentingan
3)      Pengikutaliran sectarian
4)      Orang yang berkepentingan (vested interest)
Kelompok yang menunjukkanmudahdalammenerimaperubahanadalah …
A.      1 dan 2
B.      1 dan 3
C.      1 dan 4
D.      2 dan 3
E.       2 dan 4

2.          Perhatikan gambar di bawah ini !


                                        3
                     2
    1
 
                                                                                                Keterangan :
                                                                                                1 = Primitif
                                                                                                2 = Tradisional
                                                                                                3 = Modern

 



Gambar   di atas  menunjukkan   proses  perubahan   social  yang  berlangsung ,  menurut  teori…
A.      Progres
B.        Siklus
C.      Linier
D.        Moderen
E.         Regres
Pedomanpenskoran:Untuk 50 soal total nilai 4
Jawabanbenar : skor 0.08
Jawabansalah  : skor 0     
TesUraian

Indicator soal:
o   Pesertadidikdapatmengidentifikasifactor-faktorpenyebab internal daneksternalperubahansosial.
o   Pesertadidikdapatmenjelaskanfactor yang menghambatterjadinyaperubahansosial

Butirsoal:
1.       Perubahan sosial tidak terjadi dengan sendirinya, tetapi dipengaruhi oleh factor penyebab yang datang dari dalam (intern) masyarakat dan factor dari luar (ekstern) masyarakat. Jelaskan perkembangan sebuah kota modern dikaitkan dengan faktor penyebab perubahan sosial di masyarakat!

2.       Jelaskan pendapatmu mengapa prasangka terhadap hal-hal baru atau asing dan sikap yang tertutup dapat menjadi factor penghambat terjadinya perubahan sosial!


Rambu – rambujawabandanpedomanpenskoran:
No
Jawaban
Skor
1.
Faktorpenyebab internal perubahansosial :
a.       Demografi
b.      Penemuanbaru
c.       Konflikdalammasyarakat
d.      Pemberontakandalammasyarakat

Faktorpenyebabeksternalperubahansosial:
a.       Kontakdenganmasyarakat lain
b.      Peperangan
c.       Bencanaalam
Jawabansiswatentangperkembangankotadikaitkandengan factor penyebabtersebutdiatas
2
2.
Sikapprasangkaataucurigaterhadaphal-hal yang baruatauasingmembuat orang ataumasyarakatkurangatautidakdapatmengetahui, menerimahal-hal yang barusehinggamenjadisulitberubahdanberkembang
2


4

Penilaiankompetensiketrampilan
Instrumenpenilaianpraktik
Petunjuk:  Tugas tes praktik ilmiah, dikerjakan berkelompok @ 4 orang membuat slide PP Gambar-Gambar Perubahan Sosial :

a.       Rubrik  tes praktik
Lembar penilaian tugas


No.

Nama
Kegiatan/Perilaku

Keterangan
Kesesuain
gambar
Keaslian
/orisinalitas  karya
Ketajaman analisis
Kerapian dan keindahan


1
2
3
4
5
6
7

1.







2.







3.







4.

















Catatan:
a.       Keterangan:
Aspek yang dinilai
Uraian
Kesesuaian gambar
Kemampuan memilih gambar sesuai dengann topik perubahan sosial
Keaslian
Orisinalitas gambaryang dipilih
Ketajaman analisis
Kemampuan untuk menggunakan konsep sosiologi secara tepat untuk mrnganalisis gambar
Kerapian dan keindahan
Rapi dan indah dalam menata slide dan gambar

b.       Kolom perilaku diisi dengan angka yang sesuai dengan kriteria berikut.
1 = sangat kurang
2 = kurang
3 = sedang
4 = baik
 5 = amat baik
c.        Nilai merupakan jumlah dari skor-skor tiap indikator perilaku
d.       Keterangan diisi dengan kriteria berikut
1). Nilai 25 -30 berarti amat baik
2). Nilai 19-24  berarti baik
3). Nilai 13 -18 berarti sedang
4). Nilai  7 -12  berarti kurang
5). Nilai 1 - 6 berarti sangat kurang

G .Pembelajaran Remedial dan Pengayaan  
a. Remedial
1. Buatlah contoh perubahan sosial yang terjadi di lingkungan sekolah!
2. Kaitkan pembangunan mall di Kotamu dengan teori perubahan sosial

b.    Pengayaan
Kaitkan perkembangan dan perubahan sosial di Indonesia dengan teori perubahan sosial!
H.   Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
·      Media/Alat  : Gambar, PP, Video, LCD, Laptop
·      Bahan           : Softcopy
·      Sumber Belajar: Buku  Sosiologi XII, internet


Bojonegoro, 27 Juli  2015
Mengetahui
Kepala SMA Negeri I Baureno                                                        Guru Mata Pelajaran




Drs.H.MUHAMMAD YUNUS, M.Pd Drs. SUPRIYANTO
Nip. 19580815 198403 1 015                                                                NIP. 19670712 199802 1 002




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 
Sekolah:
SMANegeri I Baureno
Mata pelajaran:
SOSIOLOGI
Kelas/Semester:
XII/Ganjil
Alokasi Waktu:
2 pertemuan x  4 Jam Pelajaran  (8 jam pelajaran)

A.      Kompetensi Inti (KI)

1.          Menghayatidanmengamalkanajaran agama yang dianutnya
2.           Menghayatidanmengamalkanperilakujujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsifdan pro-aktifdanmenunjukkansikapsebagaibagiandarisolusiatasberbagaipermasalahandalamberinteraksisecaraefektifdenganlingkungansosialdanalamsertadalammenempatkandirisebagaicerminanbangsadalampergaulandunia
3.          Memahami, menerapkan, menganalisisdanmengevaluasipengetahuanfaktual, konseptual, prosedural, danmetakognitifberdasarkan rasa ingintahunyatentangilmupengetahuan, teknologi, seni, budaya, danhumanioradenganwawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, danperadabanterkaitpenyebabfenomenadankejadian, sertamenerapkanpengetahuanproseduralpadabidangkajian yang spesifiksesuaidenganbakatdanminatnyauntukmemecahkanmasalah
4.           Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan



B.      Kompetensi Dasar

1.1 Membuka wawasan terhadap berbagai peradaban dunia untuk memperkuat nilai keagamaan dan mendorong penghormatan terhadap keragaman peradaban
2.1  Mengembangkankemampuanpenyesuaiandiriterhadapperubahansosial.
2.2 Menunjukkan rasa empati terhadap ketimpangan sosial di masyarakat sekitar dan mendorong partisipasi dalam mengatasinya.
3.1  Menganalisisperubahansosialdanakibat yang ditimbulkannyadalamkehidupanmasyarakat
4.1 Melakukan kajian, pengamatan dan diskusi dalam perubahan sosial dan akibat yang ditimbulkannya

C.      Indikator Pencapaian Kompetensi*)
1.1. 1. Meyakini segala bentuk perubahan sosial yang terjadi sebagai anugrah Tuhan yang perlu kita syukuri
2.1.1.Mengembangkan sikap toleransi terhadap perbedaan akibat adanya perubahan sosial
3.1.4.  Menganalisis proses Perubahan Sosial dikaitkan dengan realitas social
3.1.5.Menganalisa akibat perubahanan sosial di lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, dan lingkungan masyarakat
4.1.2.  Melakukan pengamatan, diskusi, dan melaporkan perubahanan social di lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, dan  lingkungan masyarakat
4.1.2.Melakukan diskusi perubahanan social di lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, dan  lingkungan masyarakat
4.1.3. Melakukan pelaporan hasil diskusiperubahanan social di lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, dan  lingkungan masyarakat
D.      Materi Pembelajaran
1.       Proses PerubahanSosial
2.       AkibatPerubahanSosial
E.       Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kelima: (4 JP X 45 M)

Langkah Pembelajaran
Sintak Model Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan
















1.    Orientasi peserta didik pada masalah

2.    Mengorganisasikan peserta didik









3.    Membimbing penyelidikan individu dan kelompok


4.    Mengembangkan dan menyajikan hasil karya


5.    Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah


Pendahuluan:
  1. Berdoa
  2. Memotivasi peserta didik untuk menyiapkan diri sebagai siswa SMA/MA Kelas XII
  3. Menjelaskan kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi
d.      Menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan selama pembelajaran

·      Siswa mengamati slide  proses perubahan sosial tentang potret lapindo


·      Dari tayangan  tersebut guru memberikan stimulus yang memunculkan pertanyaan siswa  tentang :
1.        Mengapa peristiwa lapindo tersebut terjadi?
2.       Apa saja proses yang terjadi sebagai akibat dari peristiwa lapindo pada masyarakat dalam bidang: matapencaharian, lingkungan tempat tinggal, pendidikan, kesehatan, hubungan sosial masyarakat?
3.       Apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi akibat dari peristiwa lapindo?
Selanjutnya guru memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk mencoba menjawab



Berdasarkan slide tentang potret lapindo, siswa menggali informasi tentang  proses-proses perubahan sosial   dari berbagai sumber belajar.



Siswa diberi lembar kerja untuk menganalisis proses perubahan sosial dengan contoh  realitas sosial yang terjadi di lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat melalui diskusi kelompok.

Siswa mengkomunikasikan hasil diskusi melalui presentasi kelas dan secara tertulis dalam  bentuk laporan

Membuat penyempurnaan hasil kerja kelompok berdasarkan masukan dari kelompok lain





10 Menit
Kegiatan Inti **)



































60 Menit
Kegiatan Penutup
a.   Bersama guru  peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran
b.   Guru menyampaikan pertanyaan secara acak untuk mengetahui ketercapaian tujuan
c.    Guru meminta salah satu siswa/relawan untuk menyampaikan refleksi.
d.   Guru menyampaikan tindak lanjut: peserta didik diminta untuk mencari contoh-contoh perubahan sosial di lingkungan keluarga, sekolah dan di masyarakat.
Berdoa bersama

21     enit


Pertemuan Keenam: ( 4 JP X 45 m)


Langkah Pembelajaran
Sintak Model Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan
















1.    Orientasi peserta didik pada masalah









2.    Mengorganisasikan peserta didik


3.    Membimbing penyelidikan individu dan kelompok


4.    Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
5.    Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah


Pendahuluan:
a.   Berdoa
b.   Memotivasi peserta didik untuk menyiapkan diri sebagai siswa SMA/MA Kelas XII
c.    Menjelaskan kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi
d.   Menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan selama pembelajaran


Siswamengamatidanmembacaartikeltentangkenaikan BBM  sebagai salah satu akibat  perubahan sosial
Dari artikeltersebut guru memberikan stimulus yang memunculkanpertanyaansiswatentang :
1.       Apa akibat-akibat perubahan sosial berkaitan dengan kenaikan harga BBM di masyarakat ?
2.       Bagaimana hubungan kenaikan BBM dengan pemberian bantuan pemerintah (BLT)?
Selanjutnya guru memberikankesempatankepadasiswalainuntukmencobamenjawab.


Berdasarkanartikeltersebut, siswamenggaliinformasitentangakbat-akibatperubahansosialdandikaitkandenganrealitassosialdariberbagaisumberbelajar.

Siswadiberilembarkerjauntukmenganalisisakibatperubahansosialdengancontohrealitassosial yang terjadi di lingkungansekolah, keluargadanmasyarakatmelaluidiskusikelompok.


Siswamengkomunikasikanhasildiskusimelaluipresentasikelasdansecaratertulisdalambentuklaporan


Membuat penyempurnaan hasil kerja kelompok berdasarkan masukan dari kelompok lain


20 Menit
Kegiatan Inti **)



































140 Menit
Kegiatan Penutup
a.   Bersama guru  peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran
b.   Guru menyampaikan pertanyaan secara acak untuk mengetahui ketercapaian tujuan
c.    Guru meminta salah satu siswa/relawan untuk menyampaikan refleksi.
d.   Guru menyampaikan tindak lanjut: peserta didik diminta untuk mencari contoh-contoh perubahan sosial di lingkungan keluarga, sekolah dan di masyarakat.
e.    Berdoa bersama

20 Menit


F.       Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.   Teknik penilaian
1.       Penilaiankompetensisikap
2.       Penilaiankompetensiketrampilan
b.   Instrumenpenilaianpraktik
Pertemuankelimadankeenam
Petunjuk:  Tugas tes praktik ilmiah, dikerjakan berkelompok @ 4 orang membuat artikel dengan sistematika :
  1. Judul
  2. Pendahuluan
  3. Isi
  4. Penutup
DAFTAR RUJUKAN
Catatan:
Masing-masing kelompok, dalam memilih  fakta tentang proses perubahan sosial  dan akibat perubahan sosial yang diuraikan  dengan merujuk salah satu teorinya sehingga kajian sosial menjadi mendalam. Lengkapi dengan dokumen berupa gambar, atau grafik, atau data lain  yang dapat memperjelas tulisan.

a. Pertemuan KelimadanKeenam

Penilaian  Praktik

No
Nama
Kegiatan/Perilaku
Keterangan
Judulartikel
orisionalitas
Kebenarankonsepsosiologi
Ketajamananalisis
Alurpaparan
Kerapiandankeindahan
1
2
3
4
5
6
7
8
9
1
2
3


Djoko
Ermila
Siti







Catatan:

Keterangan:
Aspek yang dinilai
Uraian
Judul makalah
Dituliskan judulnya, diberi nilai sesuai dengan pemilihan judul
Urgensi masalah yang dipilih
Kemampuan untuk memilih masalah yang menjadi priorotas untuk dipecahkan secara sosiologis..
Kebenaran konsep
Kemampuan untuk menggunakan konsep sosiologi secara tepat
Ketajaman analisis
Kemampuan menguraikan masalah sosial dengan menggunakan teori sosiologis
Alur paparan
Kemampuan untuk menggunakan logika berpikir dan bahasa yang sesuai dengan kaidah dan komunikatif
Kerapian, keindahan, dan kebersihan
Rapi dan indah dalam menata makalah, sistematika penulisan, dan tidak kotor
Aspek nilai yang dikembangkan
Kemampuan untuk mengembangkan nilai-nilai yang dapat untuk mengembangkan kompetensi sosial

a.         Kolom perilaku diisi dengan angka yang sesuai dengan kriteria berikut.
1 = sangat kurang
2 = kurang
3 = sedang
4 = baik
5 = amat baik
b.         Nilai merupakan jumlah dari skor-skor tiap indikator perilaku
c.          Keterangan diisi dengan kriteria berikut
1). Nilai 25 -30 berarti amat baik
2). Nilai 19-24  berarti baik
3). Nilai 13 -18 berarti sedang
4). Nilai  7 -12  berarti kurang
5). Nilai 1 - 6 berarti sangat kurang

E.       Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
·      Media/Alat        : Gambar, PP, Video, LCD, Laptop
·      Bahan                  : Softcopy
·      Sumber Belajar: Buku  Sosiologi XII, internet

CATATAN  :




Mengetahui                                                                                            Dander,      Juli 2015
Kepala SMA Negeri I Dander                                                            Guru Mata Pelajaran




Drs. H. MUHAMMAD YUNUS, M.Pd                                            Ardin Mutia Pramesti, S.Sos
Nip. 19580815 198403 1 015                                                                    NIP. 19820529 200604 2 026




















2 comments:

  1. If you're attempting to burn fat then you absolutely have to jump on this brand new custom keto plan.

    To create this keto diet, licensed nutritionists, fitness couches, and professional chefs have united to provide keto meal plans that are effective, convenient, price-efficient, and delicious.

    Since their grand opening in early 2019, 1000's of people have already remodeled their body and well-being with the benefits a good keto plan can provide.

    Speaking of benefits: clicking this link, you'll discover 8 scientifically-proven ones offered by the keto plan.

    ReplyDelete
  2. Your Affiliate Money Making Machine is waiting -

    Plus, getting it set up is as simple as 1-2-3!

    Follow the steps below to make money...

    STEP 1. Input into the system which affiliate products you intend to promote
    STEP 2. Add some PUSH BUTTON TRAFFIC (this LITERALLY takes 2 minutes)
    STEP 3. See how the system grow your list and sell your affiliate products on it's own!

    Do you want to start making money???

    Click here to make money with the system

    ReplyDelete