Sunday, April 10, 2011

TA’LIMUL KALAM

Oleh : Aziz & Fida

BAB I

PENAHULUAN

A. Latar Belakang

Walaupun dianggap sebagai bahasa asing oleh bangsa Indonesia, bahasa arab tidak asing di telinga mereka, terutama umat islam. Maka untuk mewujutkan proses pembelajaran bahasa arab yang sempurna, kita dituntut untuk menguasai 4 metode yang diantaranya adalah speaking skill/ maharah al kalam.

Ini semua dimaksudkan agar para pelajar mampu berkomunikasi menggunakan lisan dengan baik dan wajar dengan bahasa yang mereka pelajari. Adapun yang dimaksud dengan baik dan wajar adalah menyampaikan pesan kepada orang lain dalam cara yang secara sosial dapat diterima.

B. Rumusan Masalah

a. Aktivitas maharah al kalam

b. Teknik latihan prakomunikatif beserta metodenya

c. Teknik latihan komunikatif beserta metodenya

C. Manfaat Makalah

a. Dapat melatih anak didik lancar berbicara bahasa arab dengan baik dan benar

b. Untuk mencapai kepandaian berkomunikasi

BAB II

PEMBAHASAN

A. Aktifitas Maharah Al Kalam

Keterampilan berbicara (maharah al kalam / speaking skill) adakah kemampuan mengungkapkan bunyi-bunyi artikulasi atau kata-kata untuk mengespresikan pikiran berupa ide,pendapat,ke inginan,atau perasaan kepada mitra bicara. secara umum keterampilan berbicara betujuan agar para pelajar mampu bekomonikasi lisan secara baik dan wajar dengan bahasa yang mereka pelajari.

Dalam mencapai kepandaian berkomunikasi diperlukan aktivitas-aktivitas, yakni:

1. latihan prakomunikatif

latihan ini keterlibatan guru lebih banyak dari pada murid

2. latihan komunikatif

latihan yang lebih mengandalkan kreativitas para pelajar

B. Teknik Latihan Prakomunikatif

Latihan pra komunikatif tidak berarti bahwa latihan-latihan yang dilakukan belum komunikatif, tetapi dimaksudkan membekali para pelajar kemampuan-kemampuan dasar dalam berbicara yang sangat diperlukan ketika terjun di lapangan, seperti latihan penerapan pola dialog, kosa kata, kaidah, mimik muka, dan sebagainya. Pada tahap ini, keterlibatan guru dalam latihan cukup banyak, karena tentu saja setiap unsur kemampuan yang diajarkan perlu diberi contoh.

Ada beberapa teknik yang mungkin dilakukan dalam latihan pra komunikatif, antara lain

1. Dialog ( al hiwar)

2. Praktek pola

3. Karangan lisan

Adapun untuk dialog, bisa menggunakan teknik berikut:

a. Hafalan dialog

Teknik ini merupakan latihan meniru dan menghafalkan dialog-dialog mengenai berbagai macam situasi dan kesempatan.

b. Dialog melalui gambar

Teknik ini diberikan agar para pelajar dapat memahami fakta melalui gambar yang diungkapkan secara lisan sesuai tingkatan mereka.

c. Dialog terpimpin

Teknik ini diberikan agar para pelajar mampu melengkapi pembicaraan sesuai dengan situasi tertentu yang di latihkan.

d. Dramatisasi tinadakan

Teknik ini diberikan agar para pelajar dapat mengungkapkan suatu aktivitas secara lisan.

C. Teknik Praktek Pola

Teknik ini terdiri dari pengungkapan pola-pola kalimat yang harus diulang-ulang secara lisan dalam bentuk tertentu sebagaimana tang diperintahkan. Dengan kata lain, praktek pola adalah bentuk latihan praktek penyempurnaan kalimat tertentu yang didahului oleh soal-soal yang tidak lengkap, acak, atau penambahan yang sudah lengkap.

Yang termasuk praktek pola adalah :

a. Penambahan ( al tazyid )

b. Penyisipan ( al takhlil )

c. Substitusi ( al tabdil )

d. Integrasi ( al tadmij )

e. Menyusun ( al tartib )

f. Melengkapi kalimat ( takmil al jumlah )

Teknik karangan lisan bisa menggunkan metode muhadatsah.

D. Teknik Latihan Komunikatif

Latihan komunikatif adalah latihan yang lebih mengandalkan kreativitas para pelajar dalam melakukan latihan. Pada tahap ini keterlibatan guru secara langsung mulai dikurangi untuk memberi kesempatan kepada merega agar bisa mengembangkan kemampuan mereka. Para pelajar pada tahap ini ditekankan untuk lebih banyak berbicara dari pada guru. Sedangkan penyajian latihan diberikan secara bertahap, dan dianjurkan agar materi latihan dipilih sesuai dengan kondisi kelas.

Adapun metode yang dapat digunakan dalam latihan komunikatif adalah:

a. Percakapan kelompok

b. Bermain peran

c. Praktek ungkapan sosial

d. Praktek lapangan

e. Problem solving

BAB III

PENUTUP

A. Kesimpulan

Keterampilan berbicara (maharah al kalam / speaking skill) adakah kemampuan mengungkapkan bunyi-bunyi artikulasi atau kata-kata untuk mengespresikan pikiran berupa ide,pendapat,ke inginan,atau perasaan kepada mitra bicara.

Dalam mencapai kepandaian berkomunikasi diperlukan aktivitas-aktivitas, yakni:

1. latihan prakomunikatif

latihan ini keterlibatan guru lebih banyak dari pada murid

2. latihan komunikatif

latihan yang lebih mengandalkan kreativitas para pelajar

Ada beberapa teknik yang mungkin dilakukan dalam latihan pra komunikatif, antara lain

1. Dialog ( al hiwar)

2. Praktek pola

3. Karangan lisan

Adapun untuk dialog, bisa menggunakan teknik berikut:

a. Hafalan dialog

Teknik ini merupakan latihan meniru dan menghafalkan dialog-dialog mengenai berbagai macam situasi dan kesempatan.

b. Dialog melalui gambar

Teknik ini diberikan agar para pelajar dapat memahami fakta melalui gambar yang diungkapkan secara lisan sesuai tingkatan mereka.

c. Dialog terpimpin

Teknik ini diberikan agar para pelajar mampu melengkapi pembicaraan sesuai dengan situasi tertentu yang di latihkan.

d. Dramatisasi tinadakan

Teknik ini diberikan agar para pelajar dapat mengungkapkan suatu aktivitas secara lisan.

@ Teknik praktek pola

Teknik ini terdiri dari pengungkapan pola-pola kalimat yang harus diulang-ulang secara lisan dalam bentuk tertentu sebagaimana tang diperintahkan. Dengan kata lain, praktek pola adalah bentuk latihan praktek penyempurnaan kalimat tertentu yang didahului oleh soal-soal yang tidak lengkap, acak, atau penambahan yang sudah lengkap.

Yang termasuk praktek pola adalah :

a. Penambahan ( al tazyid )

b. Penyisipan ( al takhlil )

c. Substitusi ( al tabdil )

d. Integrasi ( al tadmij )

e. Menyusun ( al tartib )

f. Melengkapi kalimat ( takmil al jumlah )

teknik karangan lisan bisa menggunkan metode muhadatsah

Adapun metode yang dapat digunakan dalam latihan komunikatif adalah:

a. Percakapan kelompok

b. Bermain peran

c. Praktek ungkapan sosial

d. Praktek lapangan

e. Problem solving

DAFTAR PUSTAKA

Alwasilah, Chaidar. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya

1 comment:

  1. Assalamualaikum
    Jual Buku-buku pendidikan bahasa untuk skripsi, tesis, disertasi

    Katalog cek disini
    http://lughotudhod.blogspot.co.id/2014/05/tempat-referensi-buku-buku-pendidikan.html

    Syukron

    ReplyDelete