Oeh : Nadhifatul Uya & Nur Aisyah
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Bahwa dalam garis besarnya sejarah islam dapat di bagi ke dalam tiga periode besar,yaitu periode klasik (650-1250),periode pertengahan (1250-1800),dan periode modern (1800 M sampai dengan sekarang)
Di periode-periode inilah timbulnya ide-ide pembaruan dalam islam di sebabkan terlihatnya turun naik,pasang surut gelombang kemajuan dan kemunduran islam. kini umat islam tengah memikirkan kembali bagaimana cara memajukan dirinya.pembaruan terjadi di hampir seluruh Negara islam,terutama Negara-negara yang pernah di jajah oleh kekuatan barat,seperti turki,hindia,dan mesir.pembaruan tersebut hingga sekarang masih terus berlangsung untuk mencapai tujuan yang di inginkan.sementara itu,berbagai penelitian para ahli terhadap fenomena pembaruan islam tersebut terus berlanjut dan hasil-hasilnya telah banyak di publikasikan,baik dalam buku,artiukel,maupun dakwah dengan lisan dan sebagainya.dari keadaan demikian,muncullah suatu bidang study pembaruan dalam islam.dan menjadi salah satu mata kuliah yang diajarkan pada berbagai perguruan tinggi islam.
B. RUMUSAN MASALAH
1.Apa pengertian pembaruan islam ?
2.Apa saja model penelitian pemikiran modern dalam islam ?
C. TUJUAN
1. Agar dapat memahami tentang pengertian pembaruan islam
2. Agar dapat mengetahui model-model penelitian pemikiran modern dalam islam
BAB II
PEMBAHASAN
A. PENELITIAN PEMBARUAN ISLAM
Disebagian umat islam tradisional hingga saat ini tanpa ada pèrasaan masih belum mau menerima apa yang di maksud dengan pembaruan islam. Di sebabkan karena salah persepsi dalam memahami arti. Mereka memandang bahwa pembaharuan islam adalah membuang ajaran islam yang lama di ganti dengan ajaran islam baru, padahal ajaran islam yang lama itu berdasarkan pada hasil ijtihad para ulama’ besar yang dalam ilmunya taat beribadah dan unggul kepribadiannya. Sedangkan ula’ma yang ada sekarang di pandang kurang mendalam ilmu agamanya, kurangtaat dalam ibadahnya dan kurang baik budi pekertinya oleh karena itu mereka masih beranggapan bahwa pemikiran ulama’ di abad yang lampau sudah cukup baik dan tidak perlu di ganti dengan pemikiran ulama’ sekarang.
Pembaharuan islam sebenarnya bukan sebagaimana yang di persepsikan oleh sementara kaum tradisionalis di atas. Pembaharuan islam adalah upaya-upaya untuk menyesuaikan paham keagamaan islam dengan perkembangan baru yang di timbulkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi modern. Dengan demikian pembaharuan dalam islam bukan berarti mengubah, mengurangi atau menambah teks al qur’an maupun teks al Hadits, melainkan hanya mengubah atau menyasuiakan paham atas keduanya sesuia dengan perkembangan zaman. Hal ini di lakukan karena betapapun habatnya paham-paham yang di hasilkan para ulama’ atau pakar di zaman lampau itu tetap ada kekurangannya dan selalu di pengaruhi oleh kecenderungan, pengetahuan, situasi sosial, dan lain sebagainya.
Selain itu pembaharuan dalam islam dapat pula berarti mengubah keadaan umat agar mengikuti ajaran yang terdapat di dalam Al Qur’an dan As Sunnah. Hal ini perlu di lakukan, karena terjadi kesenjangan antara yang di kehendaki Al Qur’an dengan kenyatan yang terjadi di masyarakat. Namun kenyataan umatnya menunjukkan keadaan yang berbeda. Sebagian besar umat islam hanya menguasai pengetahuan agama sedangkan ilmu pengetahuan modern tidak di kuasainya bahkan di musuhinya . Sikap dan pandangan hidup umat demikian jelas tidak sejalan dengan ajaran Al Qur’an dan As Sunnah, dan hal demikian harus di erbarui dengan jalan kembali kepada dua sumber ajaran islam yang utama itu. Dengan demikian, maka pembaruan islam mengandung maksud mengembalikan sikap dan pandangan hidup umat agar sejalan denga petunjuk Al Qur’an dan As Sunnah.
B. MODEL PENELITIAN PEMIKIRAN MODERN DALAM ISLAM
Telah banyak hasil penelitian yang di lakukan para ahli yang mengambil tema di sekitar pemikiran modern dalam islam. Di antaranya hasil penelitian yang di lakukan oleh Deliar Noer, dan H.A.R. Gibb.
1. Model penelitian Deliar Noer
Salah satu buku yang memuat hasil penelitian tentang pemikiran modern dalam islam yang di lakukan oleh Deliar Noer berjudul Gerakan Modern Islam Di Indonesia 1900-1942. Dari judulnya terlihat bahwa penelitian tersebur bersifat deskriptif analitis, penelitian tersebut antara lain memuat latar belakang pemikiran, permasalahan yang ingin di pecahkan, metode dan pendekatan serta analisis yang di gunakan .
Pemikiran yang melatar belakangi penelitian tersebut adalah adanya asumsi bahwa perkembangan yang terjadi pada akhir periode 1900-1942 merupakan tahun pergantian penguasa di Indonesia dari tangan Belanda ke tangan Jepang. Tetapi pemikiran, gerakan dan perkembangan yang umumnya yang bersangkutan dengan gerakan modern islam di negeri kita ini tidak berhenti dengan pergantian ini. Malah, lebih lagi dari pada di masa permulaan ia tumbuh, gerakan modern islam itu masih terus berlanjut, bukan saja pada masa Jepang, melainkan juga sesudah kita merdeka, hingga saat ini. Hal yang demikian perlu di lakukan mengingat pemikiran pembaruan ini mumgkin masih tetap relevan untuk di gunakan pada masa-masa setelah kemerdekaan,
Deliar Noer mengatakan betapa perkembangan masa merdeka banyak relevansinya dengan perkembangan pemikiran periode sebelumnya yaitu pertama, soal khilafiyah. Kedua, sifat fragmentasi kepartaian. Ketiga, kepemimpinan yang bersifat pribadi. Keempat, perbedaan dan pertentangan paham. Kelima, hubungan dengan pemerintah.
Untuk mendapatkan bahan-bahan yang di perlukan untuk penelitian tersebut Deliar Noer menggunakan bahan-bahan yang terdapat dalam berbagai litelatir baik yang di tulis dalam bahasa Indonesia maupun yang di tulis dalam bahasa asing sepertin inggris dan Belanda. Dengan pendekatan hitoris di hasilan pembahasan menurut urutan peristiwa secara kronologis dan dapat di buktikan keberadaanya dalam sejarahm dan dengan pendekatan sosiologis di hasilkan deskripsi yang menjelaskan bergagai peristiwa yang antara satu bagian dengan bagian lainnya saling berkaitan.
Melalui metode dan pendekatan tersebut di hasilkan informasi yang komprehensif mengenai asal-usul dan pertumbuhan gerakan modern islam dalam bidang pendidikan, social dan politik. Asal-usul dan petumbuhan gerakan modern islam dalam bidang politik meliputi sarekat islam, partai-partai islam,reaksi Belanda, reaksi kalangan teradisi dan kalangan kebangsaan, reasi kalangan tradisi dan reaksi kalangan nasionalis yang netral agama
Mengenai perkembangan dan sifat gerakan moderrn islam di Indonesia, Deliar Noer menyimpukan bahwa sifat dan kecenderungan gerakan ini di bentuk oleh Pemimpin Organisasi serta lingkungan tempat organisasi itu bergerak.
Selanjutnya,dalam kesimpualn itu Deliar Noer menyebukan adanya golongan tradisional dan golongan pembaharu. Sementara itu, golongan pembaharu lebih memberi perhatian pada sifat islam pada umumnya.
Kesimpulan berikunya Deliar Noer mengungkapkan tentang kepemimpinan dalam gerakan pembaruan. Sehingga terdapat dualisme dalam kepemimpinan gerakan ini.Menurutnya, hal ini menumbuhkan kesulitan dalam memilih kepemimpinan masyarakat islam di Indonesia; apalagi pada saat kesatuan dan persatuan masyrakat tersebut telah tercapai- umpamanya- pada masa Indonesia merdeka. Sehingga timbul masalah pilihan, kapada siapa kepemimpinan itu di serahkan.
Berdasarkan uraian di atas, terlihat jelas bahwa Deliar NOer telah memberikan model penelitian yang memenuhi persyaratan sebagai penelitian sejarah, yang dalam hal ini sejarah gerakan moderrn islam di Indonesia tahun 1900-1942, dengan kesimpulan yang secara akademis dapat di pertanggungjawabkan validitasnya. Penelitian tersebut walaupun tidak secara eksplisit mengemukakan latar belakang pemikiran, permasalahann tujuan, metode dan pendekatan setra kerangka analisis yang di gunakan dalam penelitian, namun secara keseluruhan berbagai aspek yang seharusnya ada dalam sebuah penelitian telah tertampung dalam penelitian yang di lakukan Deliar Noer.
2. Model penelitian H.A.R. Gibb
Penelitian Gibb tentang gerakan modern dalam islam kelihatannya bertolak dari tesisnya yang mengatakan bahwa islam adalah suatu agama yang hidup dan vital yang menyampaikan dakwah kepada hati,pikiran, dan perasaan dari berpuluh-puluh,malah berarus –ratus miliun manusia, memberikan kepadanya suatu pedoman supaya hidup jujur, sungguh-sungguh dan taqwa.
Untuk membuktikan tesisnya itu H.A.R Gibb melakukan penelaahan terhadap-doktrin doktrin ajaran isalam sebagai mana yang terdapat dalam Al-Qur’an dan Al-Sunnah, dan bukan dari sumber-sumber yang sudah tidak sejalan dengan doktrin tersebut. Dengan demikian, peneitian yang mencoba mendeskripsikan secara mendalam suatu objek dengan menggunakan data-data yang terdapat dalam kajian pustaka, sedangkan pendekatan yang digunakannya bersifat filosofis historis. Yaitu suatu penelitian yang tekanannya ditujukan untuk mengemukakan nilai-nilai universal dan mendasar dari suatu ajaran atau objek yang diteliti, serta didukung oleh data-data historis yang dipercaya.
Dari penelitian itu, Gibb mengemukakan tentang dasar-dasar alam pikiran isalam, ketenggangan dalam islam, dasar-dasar moderisme, agama kaum modern. Hukum dan masyarakat serta islam di dunia.
Terlihat bahwa model penelitian gerakan modern dalam islam yang di lakukan Gibb bersifat penelitian kepustakaan yaitu penelitian yang sepenuhnya menggunakan bahan-bahan yang terdapat dalam sumber-sumber tertulis, khususnya buku buku nyang dihasilkan para penulis sebelumnya.
Pendektan yang digunakan dalam penelitiannya itu adalah pendekatan filosofis historis, yaiu penelitian yang menekankan pada upaya untuk menarik nilai-nilai universal yang di dasarkan pada informasi yang terdapat dalam kitab suci dan di dukung oleh kebenaran sejarah.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Pembaruan islam adalah upaya-upaya untuk menyesuaikan faham keagamaislaman dengan perkembangaan baru yang ditimbulkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi modern.
Diantara hasil penelitiannya ada 2 :
1. Deliar Noer, penelitiannya bersifat deskriptif analitis
2. H.A.R. Gibb, penelitiannya bersifat eksploratif deskriptif.
DAFTAR PUSTAKA
Nata Abudin, Metologi Stady Islam (Jakarta: Rajawali Press,1998)
Nasution Harun, Pembaharuan Dalam Islam Sejarah Pemikiran Dan gerakan (Jakarta: Bulan Bintan ,1975)
bikin galau, males mu buat yang asli
ReplyDeletehttp://ghofar1.blogspot.com/
cukup membantu saya
ReplyDeleteBlognya bagus tapi tabrakan warnanya
ReplyDelete