TEKS

SELAMAT DATANG DAN JANGAN LUPA ISI BUKU TAMU & KOMENTAR YA.....

Tuesday, November 16, 2010

Ayat-Ayat Yang Menjelaskan Tentang Manusia

BAB I

PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

Manusia adalah makhluk yang terbaik rohaniah dan jasmaniah, tetapi mereka akan dijadikan orang yang amat rendah jika tidak beriman dan beramal sholeh. Manusia diciptakan dalam bentuk yang sebaik baiknya sedang yang menjadi pokok kemulyaan manusia adalah iman dan amalnya. Maka Atas kelebihan dan kekurangan yang dimiliki manusia itulah pendidikan merupakan hal yang sangat penting untuk membimbing dan mengarahkan mereka dalam mengaplikasikan sifat- sifat mereka ke hal- hal yang bermanfaat dan mampu hidup dalam masyarakat dengan baik.

Oleh karena itu, melalui makalah ini akan dipaparkan tentang ayat- ayat yang menerangkan tentang manusia untuk mengkaji tafsir dan makna yang terkandung di dalamnya.

B. RUMUSAN MASALAH

1. Apa saja surat- surat yang menerangkan tentang manusia ?

2. Bagai mana tafsir mufrodat dari ayat- ayat tersebut ?

3. Apa kandungan dari tiap- tiap surat tersebut ?

4. Bagaimana analisis kebahasaan dari ayat-ayat tersebut?

5. Mana hadis- hadis yang munasabah dengan surat atau ayat tersebut ?

6. Apa asbabun nuzuk dari surat- surat tersebut ?

BAB II

PEMBAHASAN

  1. AYAT DAN TERJEMAH
  1. At-Tin

ÈûüÏnG9$#ur ÈbqçG÷ƒ¨9$#ur ÇÊÈ ÍqèÛur tûüÏZÅ ÇËÈ #x»ydur Ï$s#t7ø9$# ÂúüÏBF{$# ÇÌÈ ôs)s9 $uZø)n=y{ z`»|¡SM}$# þÎû Ç`|¡ômr& 5OƒÈqø)s? ÇÍÈ ¢OèO çm»tR÷ŠyŠu Ÿ@xÿór& tû,Î#Ïÿ»y ÇÎÈ žwÎ) tûïÏ%©!$# (#qãZtB#uä (#qè=ÏHxåur ÏM»ysÎ=»¢Á9$# óOßgn=sù íô_r& çŽöxî 5bqãYøÿxE ÇÏÈ

Artinya: Demi (buah) tin dan (buah) zaitun (1) dan demi bukit sinai (2) dan demi kota (Makkah)ini yang aman (3) sesungguhnya kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya (4) kemudian kami kembalikan dia ke tempat serendah-rendannya (neraka) (5) kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal sholeh, maka bagi mereka pahala yang tiada putus-putusnya (6).

  1. Al-Isra’ 70

* ôs)s9ur $oYøB§x. ûÓÍ_t/ tPyŠ#uä öNßg»oYù=uHxqur Îû ÎhŽy9ø9$# Ìóst7ø9$#ur Nßg»oYø%yuur šÆÏiB ÏM»t7ÍhŠ©Ü9$# óOßg»uZù=žÒsùur 4n?tã 9ŽÏVŸ2 ô`£JÏiB $oYø)n=yz WxŠÅÒøÿs? ÇÐÉÈ

Artinya: dan sunguh kmi telah memulyakan anak cucu adam dan kami.angkat mereka di darat dan di laut dan kami berikan mereka rizqi dari yag baik-baik dan kami lebihkan mereka diatas banyak makhluk yanhg kami ciptakan dengan kelebihan yang sempurna

  1. Al-A’raf 172

øŒÎ)ur xs{r& y7/u .`ÏB ûÓÍ_t/ tPyŠ#uä `ÏB óOÏdÍqßgàß öNåktJ­ƒÍhèŒ öNèdypkô­r&ur #n?tã öNÍkŦàÿRr& àMó¡s9r& öNä3În/tÎ/ ( (#qä9$s% 4n?t/ ¡ !$tRôÎgx© ¡ cr& (#qä9qà)s? tPöqtƒ ÏpyJ»uŠÉ)ø9$# $¯RÎ) $¨Zà2 ô`tã #x»yd tû,Î#Ïÿ»xî ÇÊÐËÈ

Artinya: Dan ingatlah ketika Tuhanmu mengeluarkan dari surbi anak cucu adam keturunan mereka dan orang mengambil kesaksian terhadap roh mereka seraya berfirman: Bukankah aku ini Tuhanmu? Mereka menjawab, “Betul (engkau Tuhan kami), kami bersaksi,” (kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu mengatakn, sesungguhnya ketika itu kami lemah dengan ini.

  1. At-Taghabun

t,n=y{ ÏNºuq»yJ¡¡9$# uÚöF{$#ur Èd,ptø:$$Î/ ö/ä.u§q|¹ur z`|¡ômr'sù ö/ä.uuqß¹ ( Ïmøs9Î)ur çŽÅÁyJø9$# ÇÌÈ

Artinya: Dia menciptakan langit dan bumi dengan ( tujuan) yang benar. Dia membentuk rupamu dan dibaguskan-Nya rupau itu dan hanya kepada-Nya lah kembali (mu) (3).

(#qà)¨?$$sù ©!$# $tB ÷Läê÷èsÜtFó$# (#qãèyJó$#ur (#qãèÏÛr&ur (#qà)ÏÿRr&ur #ZŽöyz öNà6Å¡àÿRX{ 3 `tBur s-qム£xä© ¾ÏmÅ¡øÿtR y7Í´¯»s9'ré'sù ãNèd tbqßsÎ=øÿçRùQ$# ÇÊÏÈ

Artinya: Maka bertakwalah kamu kepada Allah menurut kesanggupanmu dan dengarlah serta ta’atilah dan nafkahkanlah yang baik untuk dirimu . dan barang siapa yang dipelihara dari kekikiran dirinya, Maka mereka itulah orang- orang yang beruntung. (16)

  1. Ar Rahman 1-4

ß`»oH÷q§9$# ÇÊÈ zN¯=tæ tb#uäöà)ø9$# ÇËÈ šYn=y{ z`»|¡SM}$# ÇÌÈ çmyJ¯=tã tb$ut6ø9$# ÇÍÈ

Artinya: ( tuhan ) yang maha pemurah(1) yang telah mengajarkan al quran (2) dia menciptakan manusia (3) mengajarnya pandai berbicara (4)

  1. Al Alaq 6- 8

Hxx. ¨bÎ) z`»|¡SM}$# #ÓxöôÜuŠs9 ÇÏÈ br& çn#uä§ #Óo_øótGó$# ÇÐÈ ¨bÎ) 4n<Î) y7În/u #Ótëô_9$# ÇÑÈ

Artinya: Ketahuilah ! sesungguhnya manusia benar- benar melampaui batas (6) karena dia melihat dirinya serba cukup (7) sesungguhnya kepada tuhanmu lah kembali mu (8).

  1. An Nisa' 28

߃Ìムª!$# br& y#Ïeÿsƒä öNä3Ytã 4 t,Î=äzur ß`»|¡RM}$# $ZÿÏè|Ê ÇËÑÈ

Artinya: Allah hendak memberikan keinginan kepadamu karena manusia diciptakan bersifat lemah (28)

  1. Al Maarij 19- 21

* ¨bÎ) z`»|¡SM}$# t,Î=äz %·æqè=yd ÇÊÒÈ #sŒÎ) çm¡¡tB Ž¤³9$# $Yãrây_ ÇËÉÈ #sŒÎ)ur çm¡¡tB çŽösƒø:$# $¸ãqãZtB ÇËÊÈ

Artinya: Sesungguhnya manusia diciptakan berkeluh kesah lagi kikir (19) apabila ia di timpa kesusahan ia berkeluh kesah (20) dan apabila ia mendapat kebaikan ia amat kikir (21)

  1. MAKNA MUFRODAT
  1. At- Atin (1-6)

(واتين يتون ) اى المكولين او جبلين با الشام ينبتان الماكولين (وطور سينين) الجبل الذى كلم الله تعا لى عليه موسى ومعنى(سنين) المبارك او الحسن بالاشجار المثمرة (وهذا البلد الامين) مكة لا من الناس فيها جاهلية واسلاما (لقد خلقن انسان) الجنس (فى حسن تقويم)تعديل لصورته (ثم رددناه)فى بعض افراده (اسفل سافلين)كناية عن الهرم والضعف فينقص عمل المؤ من عن زمن الشاب ويكون له اجره بقوله تعالى : ( الا الذين امنوا وعملوا الصالحات فلهم اجر غيرممنون ) مقطوع

  1. Al- Isro' ( 70)

( ولقد كرمنا ) فضلنا ( بني ادم ) بالعلم والنطق واعتدال الخلق غير ذالك ومنه طهارتهم عد الموت ( وحملناهم في البحر) علي الدوب ( والبحر ) عليا لسفن ( ورزقناهم من الطييبات وفضلنايوم علىكثبرممن خلقا ) كا لبهانم وا لو حوش. فمن بمعنى ما اوعلى با به وتتشمل ا لملائكة (تفضيلا) وامرادتفضئل الجنس و لايلزم تفضيل افرده اذ هم افض من البشرغير الانبياء

  1. Al-A'raf (!72)

(و) اذكر(اذ) حين (اخذ ربك من بني ادم من ظهورهم )بدل اشتمال مما قبله باعادتا لجاري (ذريتهم) بان اخرج بعضهم من سلب بعضمن سلب ادم , نسلا بعد نسل كنحو ما يتوا لدون كالذر بنعمان يوم عرفه ونصب لهم دلا ئل على ربو بيه وركب فيهم عقلا( واهدهم على نفسهم ) قال(الست بربكم قالو بلى)انت ربنا(ها تنا)بالك ولاشادل(بان)لا( يقلوا) بالياء والتاء فيلمو ضعين,اى اكافر(يوم القيامة انا كنا عن هذا )الوحيد (غفلين) لا نعرفه

  1. At - Taghobun (3 & 16)

(خق السموات والارض بالحقوصوركم فاحسن صوركم )اذ عل لا شم الاشكال (واليه المصير) فتق الله ما ستطعتم) نا سخة لقولها(اتق الله حقتقاته )المر-ارن:102(واسمعوا)ما امرتم به سماع قبول(واطيعوا و انفقوا)فى الطا عة (خيرالانفسكم) خبر يكن مقدرةجواب الامر (ومن يوق شخ نفسه فلك هم المفلحون) الفا ئزون

  1. Ar- rahman (1-4)

(الرحمان علم) من شاء (القرأن خلق الانسان )اى جنس(علمه الييان)النطق

  1. Al –Alaq (6-8)

(كلا ) حقا(ان انسان ليطغى ان راه) اى نقسه(استغنى)با المال نزل في ابى جهل وراى علمية واستغنى مفعول الثان وان راىه مفعول له (ان لى ربك) يا نسان (الرجعى) الرجوعتخويف له فيجازى الطاغى بما يستقه ( ارايت) فى موضعها الثلاثة للتعجب)(الذي ينهي)هو ابوجهل

  1. An-Nisa' (28)

(يريد ا لله ان يخفف عنكم) يسهل عليكم احكام الشرع(و خلق الا انسان ضعيفا )لايصبر عن النساء والشهاوات

  1. al- ma'arij (19-21)

(ان الانسان خلق هلوعا)حال مقدرة وتفسره (اذ مسه الشرجزوعا)وقت مس شر ( واذا مسه الخير منوعا)وقت مس الخير لحق الله تعالي

  1. KANDUNGAN SURAT

a. At-tin(1-6)

Sesungguhnya Allah telah menciptkan manusia dengan bentuk terbaik dibandingkan dengan mahluk Allah yengan mahluk Allah yang lainnya akan tetapi kemanakah manusia kembali itu tergantung pada amal mereka jika melakukan kebaikan yang di ridhoi Allah maka kelak akan dimasukkan ke surga akan tetapi jika tidak mau melakukan kebaikan maka akan mendapatkan siksa neraka yang pedih

b. Al- Isra’(70)

Allah memulikan manusia diantara mahluk Allah yang lainnya baik itu yang ada yang didarat maupun di laut

c. Al-A’raf (172)

Ada yang memahami ayat ini sebagai sesuatu peristiwa yang pernah di alami oleh manusia yang terjadi dalam alam ad-dzar, ketika itu Allah mengeluarkan dari sulbi adam seluruh anak cucunnya, kemudian terjadi pertanyaan dari Allah dan jawaban dari bani adam sebagai mana yang tertulis dalam ayat, akan tetapi ayat di atas lebih tepat dipahami sebagai ilustrasi tentang aneka pembuktian menyangkut keesaan Allah yang melekat pada diri setiap insan melalui fitrah dan akalnya yang artinya dalam diri manusia ada fitrah keagamaan serta pengakuan akan keesaan Allah

d. At Taghobun 3- 16

Ayat 16 ini menunjukkan bahwa kita disuruh mengikuti perintah Allah sekedr kemampuan kita. Maka tiadalah Allah menyuruh untuk mengerjakan atau melakukan sesuatu yang ia toidak mampu mengerjakannya

e. Ar-Rahman (1-4)

Allah yang maha esa selalu menunjukkan , mengarahkan hambanya serta selalu mengajari manusia Ilmu

f. Al-Alaq (6-8)

Kebanyakan manusia apabila mendapatkan nikmat mereka tidak mau bersyukur dan mereka selalu mengeluh jika mereka ditimpa suatu ujian

g. An-Nisa’ (28)

Allah selalu memberikan keringanan jika manusia dalam kesulitan

h. Al- Ma’arij (19-21)

Ayat ini menjelaskan bahwasannya kebanyakan manusia itu banyak berkeluh kesah bila ditimpa bahaya dan malapetaka, dan apabila mereka mendapatkan kekayaan maka kebanyakan dari mereka adalah orang yang bahil dan kikir

  1. ANALISIS KEBAHASAAN

a. At-tin(1-6)

Allah bersumpah atas nama( التين و الزيتون وتورسينين و هذا البلد الامين) karena barokah dan keagungannya

b. Al-Isro’ (72)

ممن: لفظ من بمعنى ما او علىبابها

c. Al-A’raf (172)

Lafadz الست بربكم disini tidak untuk istifham akan tetapi untuk menguatkan.

d. At-Taghbun(3 dan 16)

Lafadzاسمعواuntuk mendengarkan nasihat.

Lafadz اطيعواuntuk sesuatu yang diperintahkan dan dilarang

e. AR-Rahman(1-4)

Lafadz علمpada ayat diatas memerlukan dua objek akan tetapi tidak menyebutkan keduanya dan kata tersebut menunjukkan bahwa yang bersifat umum (mencakup segala sesuatu yang dapat di jangkau oleh pelajaran

الانسان semua jenis manusia sejak zaman nabi Adam

البيان potensi mengungkap

f. Al-Alaq (6-8)

Ayatان الى ربك الرجعى .ini digunakan utuk tahdid dan tahdir bagi orang alim

Kemudian ayat ini umum untuk semua orang alim dan congkak lafadzضعيفا .disini menunjukkan manusia itu tidak sabar mengikuti hawa nafsunya

g. Al-Ma’arij(19-21)

Keserasian antara lafadzجزوعاdan منوعا ,هلوعاmengandung unsur balaghah yang sangat indah

  1. MUNASABAH AYAT DENGAN HADIS

خلق السماوا ت و الارضى وصوركم فاحس صوركم و اليه المصير وعن جابر ابن عبدالله قال: قال رسول الله صل الله عليه وسلم: (انك امرؤ قد حسن الله خلقك فحسن خلقك

Hadist ini memiliki relevansi dengan ayat diatas dalam sama-sama menjelaskan bahwasannya Allah menciptakan manusia dengan sebaik-baik bentuk.

ولقد كرمنا بنى ادم....وفضلنا هم على كثير ممن خلقنا تفضيلا

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم لعلى: ( ما خلق الله خلقا اكرم عليه من العقل)

Relevansi ayat dengan hadist terletak pada keagungan manusia dilebihkan atas mahluk Allah yanglainnya dikarenakan akan yang mereka miliki

اذا امرتكم بامر فأ تو منه ما مستطعتم وما نهيتكم عنه فاجتنبوه

Hadist ini mempunyai relevansi dengan surat At-Taghabun ayat 16, dalam segi anjuran melakukan sesuatu sesuai kemampuan بقدر الطا قة(Allah tidak pernah memaksakan di luar batas kemampuan kita )

اول ما خلق الله العقل

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم :عليكم بالقران فانه فهم العقل ونور الحكمة

Hadist ini memiliki relevansi dengan ayat awal, surat Ar-Rahman dalam ayat tersebut Allah lebih dahulu menyebutkan ayatعلم القران dari ayat خلق الانسان.yang artinya lebih mementingkan penciptaan aqal dahulu untuk memikirkan ilmu-ilmu Allah (terutama kalamullah) baru kemudian penciptaan manusianya

عن ابى ذار رضىالله عنه : عن النبى صلى الله عليه وسلم فيما يرويه عن ربه عز وجل انه قال....يا عبادى كلكم ضال الا هديته فا ستهدونى اهدكم....

انالانسان خلق هلوعا....

Kebanyakan manusia adalah sesat(melampaui batas) Allah menganjurkan manusia untuk memohon hidayah pada Allah agar tidak menjadi manusia yang ssat baik dalam keadaan sulit maupun lapang

فمن وجد خيرا فاليحمده الله ومن وجد غيرذالك فلا يلومن الا نفسه

Kebanyakan manusia tidak mau bersyukur ketika mereka mendapatkan nikmat, dan sering mengeluh ketika mendapatkan masalah, oleh karena itu dalam hadist ini rasulullah menunjukkan kita untuk mensyukuri nikmat yang kita dapatkan dan tidak mengeluh serta mencela jika mendapatkan musibah

  1. ASBABUN NUZUL
  1. At- tin

Firman Allah SWT dalam surat at-tin ayat kelima memberikan pengertian bahwa pada saat manusia akan dikembalikan ke tingkat pikun (seperti bayi lagi) sejalan dengan itu, pernah rasulullah SAW ditanya tentang kedudkan orang pikun. Maka kemudian Allah SWT menurunkan ayat ke-6 dari surat at-tin ini sebagai penegasan bahwa orang yang beriman dan selalu beramal sholeh sebelum kedatangan pikun telah medapatkan pahala yang banyak sekali, tiada terhapus sama sekali (amal jariyah) dari sisi Allah SWT(HR. Ibnu Jarir dari Aufi dari ibnu Abbas)

  1. Al-Alaq

Abu Jahal pernah berkata :”Apakah Muhammad meletekkan kepalanya (sujud) di depanmu?” Orang-orang kafir menjawab: ya. Maka selanjutnya Abu Jahal berkata: “ Demi Tuhan Latta dan Uzza, sekiranya aku melihat Muhammad di depanku maka akan aku injak batang lehernya, dan aku benamkan mukanya kedalam tanah!” . Sehubungan dengan pertanyaan Abu Jahal ini maka Allah menurunkan ayat 6-19 dari surat Al- alaq pada rasuullah yakni menginformasikan ancaman Allah terhadap orang-orang yang melampaui batas dan berbuat dosa.(HR.Mundzir dan Abi Hurairoh)

  1. At-taghabun

AbuHatim meriwayatkan hadist ini dari Said bin Jabir beliau berkata: ketika diturunkan ayat حق تقاتهkaum muslimn pada saat itu beramal dengan sangat sehingga mereka tidak memperdulikan masalahnya dan keningnya luka. Kemudian Allah menurunkan ayat ما فا تقوا الله ما ستطعتمuntuk meringankan umat muslim.

BAB III

PENUTUP

A. SIMPULAN

Ayat-ayat yang menerangkan tentang manusia adalah At-Tiin, Ar-Rohman, Al-Alaq, An-Nisa’, At-Taghobun, Al-Maarij.

Bahwasanya dapat diketahui bahwa manusia itu mempunyai kelebihan dan kekurangan sebagai mana yang telah di jelaskan dalam ayat- ayat di atas dan untuk itu manusia memerlukan bimbingan dan pengarahan melaui pendidikan karena manusia merupakan obyek pendidikan.

B. Saran

Dengan adanya makalah ini diharapakan semoga para mahasisiwa dapat memahami isi dari ayat- ayat tersebut hingga dapat mengambil hikmah di dalamnya dan penulis mengharapkan masukan, saran dan kritik untuk perbaikan makalah ini.

DAFTAR PUSTAKA

Abdur Rahman, Muhammad. Tafsir Jalalin. Libanon : Bairut.

Prof. Dr. Hamka. 1982. Tafsir Al-Azhar. Jakarta : Pustaka Panji Mas.

Shihab, M. Quraisy. 2006. Tafsir Al-Misbah. Jakarta : Lentera Hati.

Departemen Agama RI. 2002. Al-Qur’an Dan Terjemah. Jakarta : Pena Pundi Aksara.

No comments:

Post a Comment