Rabu, 05 Mei 2010

Persyaratan Penelitian

BAB I

PEMBUKAAN

A. Latar Belakang

Setiap keilmuan dan disiplin ilmu manapun perlu dipertegas dan dipertanggung jawabkan keabsahannya baik dalam segi teori maupun penerapannya.

Untuk menuju pada kebenaran suatu teori atau ilmu tersebut perlu diadakannya tinjauan-tinjauan dan beberapa tahapan yang harus dilakukan yang salah satunya adalah diadakannya suatu penelitian yang akan dilakukan untuk mensurvei kebenaran suatu ilmu.

Mengingat pentingnya penelitian tersebut, maka makalah ini kami susun untuk dapat sedikit membantu memberikan pengetahuan atau cara-cara dalam suatu penelitian yang mana telah sedikit diurai pada pembahasan yang lalu.

B. Rumusan Masalah

a) Apa sajakah persyaratan penelitian?

b) Bagaimana tahap-tahap penelitian?

BAB II

PEMBAHASAN

A. Persyaratan Penelitian

Tanpa adanya penelitian, pengetahuan tidak akan bertambah maju. Padahal pengetahuan adalah dasar semua tindakan dan usaha, jadi penelitian sebagai dasar untuk meningkatkan pengetahuan harus diadakan agar meningkatkan pencapaian usaha-usaha manusia.

Ada tiga persyaratan penting dalam mengadakan penelitian yaitu: sistematis, berencana dan mengikuti konsep ilmiah.

- Sistematis: artinya dilaksanakan menurut pola tertentu, dari yang paling sederhana sampai yang kompleks hingga tercapai tujuan secara efektif dan efisien.

- Berencana: dilaksanakan dengan adanya unsure dipikirkan langkah-langkah pelaksanakannya.

- Mengikuti konsep ilmiah: artinya mulai awal sampai akhir kegiatan penelitian mengikuti cara-cara yang sudah ditentukan yaitu prinsip yang digunakan untuk memperoleh ilmu pengetahuan.

B. Tahap-tahap Penelitian

Secara garis besar prosedur penelitian dapat digolongkan menjadi tiga langkah.

1. Pembuatan rancangan penelitian.

2. Pelaksanakan penelitian.

3. Pembuatan laporan penelitian. (2)

Adapun langkah-langkah pelaksanakan penelitian yang berpedoman pada taraf-taraf berpikir ilmiah. Maka langkah-langkah penelitian adalah sebagai berikut:

1) Memilih topic yang mengandung masalah yang akan diteliti.

2) Kajian teori yang terkait dengan topic dan permasalahan yang akan diteliti.

3) Merumuskan masalah.

4) Merumuskan hipotesis (bila ada)

5) Menentukan desain penelitian yang akan digunakan.

6) Menentukan variable penelitian.

7) Menentukan populasi dan sampel.

8) Menentukan metode pengumpulan data dan instrumennya.

9) Melaksanakan pengumpulan data di lapangan.

10) Menganalisis data dengan metode analisis data yang telah ditentukan.

11) Menyimpulkan hasil penelitian.

12) Melaporkan hasil penelitian. (3)

Hal-hal di atas kami perjelas sesuai dengan kebutuhan saja. Berikut adalah sedikit penjelasan atas ringkasan metode pelaksanaan penelitian.

- Untuk langkah nomor satu akan berkesinambungan dengan langkah nomor dua. Setelah memilih masalah apa yang harus diteliti, maka secara otomatis kegiatan berikutnya adalah mengkaji masalah tersebut. Mulai dari bagian terkecil yang berkaitan dengan yang akan diteliti sampai masalah yang kompleks.

- Langkah ketiga adalah merumuskan masalah dengan membuat rancangan terlebih dahulu yang di dalamnya mencakup desain penelitian dan proposal. Desain penelitian mencakup judul, penegasan masalah, alasan mengadakan penelitian, tujuan meneliti, kegunaan hasil, landasan teori, penelaahan kepustakaan, metodologi, jadwal kerja dan pembiayaan. Sedangkan proposal disiapkan guna mnecari bantuan dana.

- Langkah keempat merupakan suatu dimana peneliti kita arah pandangkan kesana. Hal itu jika anggapan dasar merupakan dasar pemikiran yang memungkinkan untuk kita menyatakan penelitian tentang permasalahan kita, maka hipotesis adalah kebenaran sementara yang ditentukan oleh peneliti, tapi tidak luput anggapan tersebut harus dites dan diuji kebenarannya

- Langkah kelima sedikit banyak hamper menyerupai dalam langkah nomer tiga.

- Variable menurut Sutrisno Hadi adalah sebagai gejala yang bervariasi misalnya, jenis kelamin, berat badan, sehingga dapat disimpulkan variable adalah objek penelitian yang bervariasi.

- Langkah nomor delapan adalah cara pengumpulan data maksudnya dari mana data bisa diperoleh maka langkah yang segera diambil adalah menentukan dengan apa data akan dikumpulkan dengan angket, tes, interview, observasi dan lain-lain.


BAB III

PENUTUP

A. Kesimpulan

Sebelum seseorang melakukan sebuah penelitian perlu adanya sebuah syarat yang diketahui terdapat tiga garis besar, yakni sistematis, terencana dan mengikuti konsep ilmiah.

Tahap-tahap penelitian dibagi menjadi dua, yakni secara ringkas yang mencakup pembuatan rancangan penelitian, pelaksanaan penelitian dan pembuatan laporan penelitian. Sedangkan penelitian secara kompleks seperti yang telah kami uraikan di atas.

B. Saran

Dengan tenpa merupakan prinsip bahwa tidak ada yang sempurna manusia di dunia ini maka atas segala rendah hati kami mengharap segala kritik dan saran yang membangun dan menuju untuk yang lebih baik.

C. Daftar Pustaka

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Cetakan Ketiga belas. Jakarta: PT Rineka Cipta. 2006.

Kasiran, Mohammad. Metodologi Penelitian. Cetakan Pertama. UIN Malang Press. 2008.

0 komentar:

Poskan Komentar