Senin, 12 April 2010

“Pengelolaan Pengajaran/Kurikulum”

Oleh : Pendowo Limo

A. Pengertian Pengelolaan Pengajaran

Knezevich menggunakan istilah “Intructional Leadership”.maksudnya ialah menata pengajaran. Kalau pengertian itu digunakan, maka tugasnya mulai dari merencankan kurikulum sampai penilaian dan pengembangannya.

Dalam uraian inipengelolaan pengajaran hanya dibatasi pada bagaimana mengatur kurikulum disekolah. Artinya bagaimana menterjamahkan isi kurikulum kedalam proses belajar mengajar yang disajikan dalam satuan pengalaman belajar agar dapat dicerna oleh siswa. Jadi yang dimaksud dengan pengelolaan pengajaran adalah setiap usaha sekolah untuk mengatur seluruh kegiatan, baik yang bersifat intra kulikuler,maupun ekstra kulikuler.

B. Prinsip Prinsip Pengelolaan Pengajaran

Adapun prinsip prinsip pengelolaan pengajaran adalah identik dengan prinsip pengelolaan secara umum yaitu:

1. Tujuan yang dikehendaki harus jalas

2. Program itu harus sederhana (simpel)

3. Program program yang disusun harus sinkron dengan tujuan yang ditentukan.

4. program itu harus bersifat menyeluruh(integrated)

5. harus ada koordinasi terhadap komponen yang melaksanakan program disekolah.

Umumnya orang menyingkat prinsip diatas dengan istilah KISS (koordinasi, integrasi, sinkronisasi, simplikasi).

C. Organisasi Pengelolaan Pengajaran

Mengenai organisasi pengelolaan pengajaran ini dapat dilihat pada bagan struktur organisasi sekolsh sesuai dengan pedoman pengelolaan sekolah yang berlaku. Yang jalas bahwa ada 4 unsur pokok dalam suatu organisasi, yaKni: 1) unsur pimpinan 2) unsure pembantu pimpinan 3) pelaksana 4) service.

D. System Pengelolaan Pengajaran

Berdasarkan berbagai pertimbangan dari berbagai sumber bacaan bahwa system pengelolaan pengajaran di sekolah sebagai berikut:

1. Menterjamahkan Kurikulum Kedalam Kegiatan Belajar Mengajar.

Seorang guru memperoleh buku kurikulum ia membaca buku yang berisi landasan dan tujuan serta system pengelolaan kurikulum di sekolah.yang biasa dilakukan guru ialah membaca GBPP bidang study masing masing dan struktur program dari kurikulum tersebut.Tugas guru selanjutnya adalah menyusun program belajar mengajar dalam satu tahun, semester dan setiap kali pertemuan.jadi seorang guru perlu punya persiapan yang mantap, tertulis dan persiapan batin.

2. Kalender Sekolah

a. pengertian kalender sekolah adalah ketentuan waktu belajar yang ditentukan oleh pimpinan penyelenggara pendidikan. Calendar sekolah itu berisi jumlah hari sekolah efektif dalam satu tahun ajaran .

b. fungsi kalender sekolah adalah sebagai petunjuk waktu kegiatan belajar bagi setiap administrator sekolah. Kalender sekolah ini penting bagi setiap pengelola sekolah sebagai persiapan dalam merencanakan dan melakukan tugas sekolah.

3. Pengaturan Jadwal

Ada dua macam jadwal yaitu:

a) Jadwal yang berdasarkan system paket yaitu, jadwal yang tersusun atas dasar sejumlah bidang studi yang sudah ditentukan.

b) Jadwal yang berdasarkan pilihan siswa ya’ni, setiap siswa memasukkan pelajaran mana yang akan diikuti. Atas dasar kebutuhan tersebut pihak sekolah merancangkan jadwal pelajaran, para siswa dapat memilih berapa jam pelajaran yang akan diikuti keuntungan cara ini adalah anak anak bebas memilih program yang diinginkan sedangkan kelemahannya adalah akan terjadi tabrakan jadwal.

4. Penataan system program di sekolah

a) System kredit semester

Yang banyak dibicarakan oleh sekolah sekolah ialah system kredit semester.kredit adalah suatu satuan atau unit yang menyatakan isi suatu bidang studi (mata kuliah secara kuantitatip)

Sedangkan system kredit adalah suatu cara penghargaan terhadap beban studi siswa/mahasiswa, beban kerja tenaga pengajar dan beban penyelenggaraan program lembaga pendidikan yang dinyatakan dalam kredit.

Dalam tiap semester disajikan sejumlah bidang studi / matakuliah dan tiap bidang studi atau matakuliah itu mempunyai bobot yang dinyatakan dalam Satuan Kredit Semester(SKS)sesuai dengan ketetapan kurikulum.dan perlu dibedakan singkatan dibawah ini:

sks : satuan kredit semester

SKS : system kredit semester

System kredit semester (SKS) adalah suatu cara / system kredit yang diselenggarakan di dalam satuan waktu semester.tujuannya adalah memberi kemungkinan kepada masing masing lembaga pendidikan (PT)untuk mengajukan program pendidikan yang bervariasi dan bersifat fleksibel sehingga memberi kemungkinan luas kepada siswa/mahasiswa untuk memilih program menuju suatu macamjenjang profesi yang dituntut oleh masyarakat.sedangkan guna dari satuan kredit semester (sks)adalah untuk menyatakan besarnya beban studi siswa/mahasiwa:besarnya pengakuan atas keberhasilan usaha komulatif bagi suatu program tertentu.

b) Beban studi dalam semester

penetapan beban studi siswa /mahasiswa dalam suatu semester dilakukan atas rata rata waktu belajar sehari dan atas kemampuan siswa/mahasiswa.dan biasanya beban studi itu ditentukan berdasarkan hasil studi semester yang lalu: yang sering ukurannya memakai Indeks Prestasi(I.P).

c) Indeks prestasi (I.P).

indeks prestasi adalah bilangan (sampai dua angka dibelakang koma)yang menunjukkan tingkat keberhasilan mahasiswa secara kualitatif dan kuantitatif.indeks prestasi dihitung pada setiap ahir semester, hasilnya disebut IP semester dan pada ahir program pendidikan hasilnya disebut I.P lengkap atau I.P komulatif.

E. Pembukaan Tahun Ajaran

1. Pembukaan tahun ajaran

Acara pembukaan tahun ajaran ini punya nilai tertentu menurut Percy E Burrup pentingnya pembukaan tahun ajaran itu sebagai berikut:

a) Pembukaan tahun ajaran yang diawali dengan upacara resmi menunjukkan kesepakatan seluruh staf sekolah untuk bekerja sama dengan baik

b) Tiap anggota staf sekolah harus mempersiapkan program pendidikan yang akan diterapkan dan semua sarana belajar mengajar serta mempunyai gambaran yang jelas terhadap kegiatan ekstra.

2. Membina disiplin disekolah

Yang dimaksud disiplin dalam uraian ini adalah:

a) Penciptaan dan penyiapan kondisi yang esendsial

b) Pengawasan diri sendiri

c) Persiapan untuk menjadi warga Negara yang dewasa

d) Kesetiaan yang baik

e) Melatih dan belajar mengenai penyesuaian diri

f) Pengawasan yang dilakukan guru terhadap kelasnya.

F. Penutupan Tahun Ajaran

Salah satu momentum yang paling berkesan adalah penutupan tahun ajaran untuk siswa yang tamat dari sekolah, waktu inilah suatu masa yang sangat menyenangkan dan biasanya di sebut dengan graduation day.

1. Pengertian graduation

Graduation adalah satu titik puncak dari kuasa belajar pada tingkat tingkat akhir dan mendapatkan ijazah sebagai tanda bahwa seseorang telah menyelesaikan masa studinya.

0 komentar:

Poskan Komentar