Senin, 12 April 2010

MASA PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM

A. Sejarah Pendidikann Islam

Periode modern atau penbaharuan dalam sejarah islam beermula dari tahun 1800M dan berlangsung sampai sekarang,periode ini meruoakan zaman kebangkitan islam setelah mengalami kemundurann. Berbagai usaha pemnaharuan telah digggerakkan baik dalam bidang, pendidikan, dan kebudayaan.

Mulanya sebagai mana yang telah disebutkan ketika tiga kerajaan besar islam mengalami kemundurn di abad 18, eropa barat mengalami kemajuan dengan pesat. Kekuatan islam terakhir yang masih disegani pleh lawan(eropa) tinggal kerajaan turki usmani.Tapi sejak kekalahan dalam pertempuran di wina itu kerajaann usmani juga menyadari atas kemundurannya dan kemajuan barat. Usaha-usaha pembaharuan mulai dilaksanakan dengan mengirim duta-duta kenegara –negara eropa terutama prancis untuk mempelajari suasana kemajuan lebih dekat tapi rupanya tantangan dari pihak ulama dan golongan tentara yang sudah ada sebelumnya yaitu pasukan yenissari terlalu kuat sehinggga usaha pembaharuan teersebut tidak dapat berkembang.

Usaha penbaharuan turki usmani baru mengalami kemajuan setelah tentara yenissari dibubarkan oleh Sultan mahmud II(1807-1899M) pada tahun 1839 M. Pendidikan diperbaharui oleh beliau dengan mendirikan sekolah-sekolah model barat seperti sekolah satra, militer, teknik kedokteran dan sebagainya.Sehingga terbentuk turki modern, akan tetapi meski mendatangkan kemajuan hasil gerakan pembaharuan tidakk dapat menghentikan barat kedunia islamm diabad ke-19.Gerakan pembaharuan justru malah mengancam kekuasaan para sultan yang absolute sehingga lahir gerakan tanzimat untuk menangani program- programnya yang dipimpin oleh ali pasya(1815-1871M)dan fuad pasya (1815-1869M), gerakan turki muda, dan partai persatuan dan kemajuan dengan gagasan bahwa teknologi modern yang bermanfaat dapat diperkenalkan dalam suatau masyarakat sambil tetap bisa memelihara tradisis masyarakat yang bersangkutan ini adalah pendirian mayoritas orang-orang tanzimat. Tetapi bagi usmani- nsmani muda seperti ziya pasya dan nanik kemal ada modernisasi dengan tetap mempertahankan intergritas bangsa.

Pada paruh abad kedua yaitu abad ke-19, lima orang modernis muslim terkemuka muncul yitu sayid ahmad khan di India(1817-1898M), Jmaludin Al-Afgani(1838-1897M), dan sayd Amir Ali dari India, Nanik Kemal dan syeh Muhammad Abduh dari Turki.

Nmun ketika terjadi Perang Dunia Itahu 1915M turki usmani berada dipihak yang lkalah dann kekhaliahan dihapuskan. Sejak itu seakan-akan tidak ada lagi kerajaan islam yang betul- betul merdeka.

B. Pola Pembaharuan Pendidikan Islam

Dengan memerhatikan berbagai maam sebabb kelamahan dan kemunduran umat islam dan juga kemajuan dan kekuatan yang dialami oleh bangsa- bangsa eropa, maka garis besarnya terjadi tiga pla pekiran pembaharuan pendidikan islam:

1. Pola pembaharuan pendidikan islam yang berorientasi pada barat.pada dasarnya mereka berpandangan bahwa sumber kekuatan dab kisejahteraan hidup yag dialami oleh brat sdalah sebagai hasil dari perkembanagan ilmu pengetahuan dan teknolgi modern yang mereka capai. Mereka juga berpendapat bahwa apa yang dicapai oleh bangsa-bangsa barat sekarang, tidak lain adalah pengembangan dari ilmu pengetahuan dan kebudayaan yang pernah berkembang di dunia islam. Atas dasar demikian , maka untuk mengembangkan kekuatan dan kejayaan umat islam, sumber kekuatan dan kesejahteraan tersebut harus dikuasai kembali.

2. Pola pembaharuan yang berorientasi pada isla sendiri untuk memurnikan ajaran islam. Pla ini diribtis oleh muhammadbn abduh (akhir abad 19).

3. UIsaha pembaharuan yang berorientasi pada kekayaan dan sumber budaya bangsa yang bersifat nasionalisme.

C. Dualisme Sistem Pendidikan

Sebagai akibat dari usaha pembaharuan pendidikan islam untuk mengejar ketertinggalan dari barat sehingga yang berupaya melakukan reformasi westeernisasi, maka ada kecenderungan dualisme pendidikan.

Sistem modern pada umumnya dilaksanakan oleh pemerintakk sedangkan sistem pendidikan tradisional pada umumnya yang merupakan sisa-sisa dan perkembangan sistem pesantren hanya mempeerdalam ilmu agama. Dulisme inilah yang selanjutnya mewarnai pendidikan islam disemua negara islam dizaman modern.

Sedangkan pembaharuan yang dikehendaki oleh oleh Al-Afgani, Muhammad Abduh dann kawan- kawan adalah memadukan antara keduanya dalm prakteknya. Sehingga sanpai sekarang prtoses pembaharuan pendidikann islsm masih berlangsung.

0 komentar:

Poskan Komentar