TEKS

SELAMAT DATANG DAN JANGAN LUPA ISI BUKU TAMU & KOMENTAR YA.....

Monday, January 25, 2010

pengertian cinta dan macam-macamnya

WHAT IS LOVE…??

Cinta itu adalah sebuah perasaan ingin berbagi bersama dengan seseorang. Ada juga pendapat lain berkata bahwa cinta itu adalah sebuah aksi atau kegiatan aktif yang dilakukan oleh manusia terhadap objek yang lain. Hal itu bisa berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, rasa kasih sayang, bantuan, kepatuhan, atau kerelaan untuk melakukan sesuatu yang diinginkan oleh objek tersebut.
Para pakar udah membagi dan mengklasifikasikan tentang macem – macem cinta, yaitu :
1. Cinta terhadap keluarga.
2. Cinta terhadap teman – teman (philia).
3. Cinta yang sangat romantis atau biasa dikenal dengan asmara.
4. Cinta yang hanya berupa hawa nafsu (cinta eros).
5. Cinta kepada sesama atau disebut denga kasih sayang (agape).
6. Cinta kepada diri sendiri (narsisme).
7. Cinta akan sebuah konsep tertentu.
8. Cinta pada negara (patriotisme).
9. Cinta pada bangsa (nasionalisme).
Dan kalo kita lihat dari segi bahasanya aja, cinta itu punya berbagai macem nama. Pada Bahasa Indonesia aja ada beberapa nama, yaitu sayang, kasih, asmara, atau hanya sekedar kekaguman semata, dll. Sama juga ama Bahasa Yunani yang membedakan cinta serta maknanya dengan tiga konsep atau mungkin lebih, yaitu : eros, philia dan agape.
Ada begitu banyak jenis dan ragam dari cinta, so sangat sulit buat netepin definisi cinta itu sendiri and macem – macemnya. Tapi satu hal yang pasti adalah bahwa cinta itu pasti melibatkan emosi serta perasaan yang sangat amat teramat mendalam bagi pelakunya.
Ekspresi cinta itu sendiri bisa bermacem – macem. Ada cinta kepada jiwa atau pikiran, cinta kepada hukum, cinta kepada organisasi, cinta alam, cinta makanan, cinta badan, cinta kekuasaan, cinta belajar ataupun cinta uang. Dan cinta itu sendiri sebenernya lebih mengarah kepada sesuatu yang abstrak. So, cinta itu lebih mudah buat dirasain daripada dijelasin.
Menurut Erich Fromm, untuk dapat mewujudkan sebuah cinta harus ada empat unsur, yaitu :
1. Pengenalan (knowledge).
2. Tanggung jawab (responsibility).
3. Perhatian (care).
4. Saling menghormati (respect).
And yang terpenting adalah perasaan cinta serta kasih sayang yang udah ada pada dirimu harus selalu dijaga biar keindahannya bisa terus ada dan dipertahankan.

1 comment:

  1. Sedikit komen nih, tapi bukan masalah tulisannya. Tuh font "Katakan Aku Muslim"-nya kok kesannya serem gitu? Kalo bisa ganti font yg cheerful dung?. Sekedar saran aja.

    ReplyDelete